Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara 4 jawaban yang tersedia.
1. Falsafah menurut Butt juga melandasi falsafah komunikasi persuasif, yaitu....
A. suatu ilmu yang mengkaji hakikat alam dan pandangan hidup | |
B. ilmu pengetahuan yang mencari sesuatu tentang alam | |
C. suatu pandangan hidup dalam mengaplikasikan ilmu komunikasi persuasif | |
D. salah aspek bagaimana seseorang mengetahui apa yang mereka anggap tahu tentang pandangan hidup |
A. Salah, merupakan definisi dari Littlejohn untuk aspek ontologi
B. Salah, merupakan isu-isu penting yang berkaitan dengan ontologi komunikasi persuasif
C. Benar, Butt (1961) secara ringkas mendefinisikan falsafah sebagai suatu pandangan hidup
D. Salah, merupakan isu-isu penting yang berkaitan dengan ontologi komunikasi persuasif
2. Salah satu kriteria tanggung jawab persuasif adalah....
A. menjunjung tinggi kehormatan penerima | |
B. antara komunikator dan komunikan memiliki akses yang sama terhadap media komunikasi | |
C. pesan dapat mengubah nilai sosial | |
D. prinsip universal dan prinsip situasional dari proses komunikasi |
A. Salah, merupakan etika atau norma berkomunikasi
B. Benar, merupakan faktor pertama karena persuasi sangat mungkin terjadi secara bertanggungjawab dan akan menguntungkan jika antara komunikator dan komunikan memiliki kesempatan yang sama untuk saling mempengaruhi, memiliki persamaan kemampuan, dan akses yang sama terhadap media komunikasi.
C. Salah, merupakan maksud dan tujuan dari komunikasi persuasif
D. Salah, merupakan prinsip universal dan prinsip situasional dari proses komunikasi
3. Komunikasi menurut Osgood adalah...
A.komunikasi terjadi bila suatu sumber mempengaruhi yang lain, dengan menggunakan isyarat pilihan yang menghubungkan kedua pihak | |
B. komunikator memindahkan rangsangan berupa kata untuk mempengaruhi perilaku pihak lain | |
C. komunikasi meliputi semua prosedur melalui pikiran seseorang sehingga dapat mempengaruhi orang lain | |
D. kelompok individu yang menggunakan bahasa dan tanda untuk berbagai aktivitas mencapai tujuan |
A. Benar, karena komunikasi terjadi bila suatu sistem atau sumber mempengaruhi yang lain atau tujuan , dengan jalan mengolah pemakaian atau menggunakan isyarat-isyarat pilihan yang dapat diteruskan melalui saluran yang dihubungkan kedua pihak.
B. Salah, merupakan definisi komunikasi dari Hovland, Janis, dan Kelly
C. Salah, merupakan definisi komunikasi dari Shanon dan Weaver
D. Salah, merupakan definisi komunikasi dari Schramm
4. Komunikasi persuasif adalah..
A. komunikasi yang bersifat membujuk | |
B. komunikasi yang menekankan pada kejelasan tujuan | |
C. komunikasi antara orang per orang | |
D. nama lain dari komunikasi dialogis |
A Salah, hanya mengartikan kata persuasif
B Benar, Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang tujuannya ingin mengubah sikap, pendapat, dan perilaku komunikasi yang dipengaruhi oleh kejelasan tujuan, memikirkan secara cermat orang-orang yang dihadapi, dan memilih strategi-strategi yang tepat sehubungan dengan komunikasi.
C Salah, karena merupakan arti harfiah dari komunikasi
D, Salah, merupakan arti komunikasi dua arah atau berdialog
5. Proses komunikasi adalah ....
A. setiap fenomena yang menunjukkan perubahan yang terus menerus sepanjang waktu | |
B. setiap fenomena yang menunjukkan perubahan | |
C. setiap perubahan yang terjadi setelah komunikasi dimulai | |
D. perubahan yang muncul sejak komunikasi dimulai sampai selesai |
A. Benar, David K. Berlo berpendapat bahwa proses komunikasi adalah setiap gejala atau fenomena yang menunjukkan suatu perubahan yang terus menerus dalam konteks waktu. Dengan perkataan lain setiap pelaksanaan atau perlakuan secara terus menerus ( The Process of Communication).
B. Salah, suatu proses komunikasi yang baik harus menunjukkan perubahan yang terus menerus sepanjang waktu
C. Salah, karena tidak selalu ada perubahan ketika komunikasi dimulai
D. Salah, belum tentu perubahan muncul
6. Simons membuat model komunikasi persuasif menjadi...
A. 2 | |
B. 4 | |
C. 5 | |
D. 6 |
A. Benar, Herbert W. Simons membuat model komunikasi persuasif menjadi 2 (dua) yaitu model sederhana (A simplified communication model) dan model kompleks (more complex patterns of communication).
B. Salah, Empat (4) merupakan gambaran dari pemahaman pesan dan laju internal paralel dalam proses komunikasi
C. Salah, Lima (5), merupakan angka atau konstanta pengecoh
D. salah, Enam (6),merupakan model-model kompleks dari komunikasi persuasif
7. ”Rubi menasihati Deeni yang baru menjalankan operasi pergeseran sendi siku untuk menggendong tangannya agar mempercepat proses penyembuhan. Deeni menuruti nasihat Rubi. Itu berarti Rubi adalah persuader yang memiliki eksistensi yang tinggi di bidang...
A. kesiapan dan kesungguhan | |
B. kesungguhan dan ketulusan | |
C. kepercayaan dan ketenangan | |
D. ketenangan dan kesederhanaan |
A. Salah. Kesiapan dalam mempersiapkan bahan atau materi untuk persuasif belum tentu cepat mengubah sikap persuadee
B. Benar. Eksistensi persuaderoleh Aristoteles disebut dengan ethos. Dalam kasus di atas Rubi memiliki ethos tinggi dalam hal kesungguhan yang dapat menimbulkan keyakinan pada persuadee dan ketulusandalam menyampaikan pesan kepada persuadee C. Salah. Tampil dengan percaya diri, tetapi tidak sombong dan takabur dapat meyakinkan persuadee, meyakinkan persuadee tetapi belum tentu cepat diterima
D. Salah, dengan bersikap tenang akan menimbulkan kesan bahwa persuader orang yang berpengalaman dan menguasai persoalan yang disampaikan
8. Efek komunikasi persuasif adalah....
A. perubahan yang terjadi pada diri persuader akibat pesan melalui proses komunikasi | |
B. perubahan sikap, pendapat dan perilaku dari suatu kelompok dalam pengaruh komunikasi | |
C. mengaktifkan perilaku tertentu yang tidak bertentangan dengan norma budaya | |
D. konteks situasional dari tindakan komunikasi persuasif |
A. Benar, Efek komunikasi persuasif dapat dijelaskan melalui 2 model yaitu model psikodinamik dan model sosial budaya (terdiri atas teori hubungan-hubungan sosial dan Teori Norma Budaya). Jadi media massa dapat memberikan efek komunikasi persuasif dalam mengaktifkan perilaku tertentu yang tidak bertentangan dengan norma budaya
B. Salah, karena perubahan sikap, pendapat dan perilaku dari suatu kelompok bukandalam pengaruh komunikasi tetapi melalui proses yang panjang
C. Salah, mengaktifkan perilaku tertentu yang tidak bertentangan dengan norma budaya secara terus menerus dalam suatu proses
D. Salah, konteks situasional dari tindakan komunikasi persuasif
9. Pengertian sikap menurut Thurstone adalah sebagai berikut...
A. Sikap adalah konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif dan konatif yang saling berinteraksi | |
B. sikap merupakan suatu kesiapan untuk bereaksi terhadap sesuatu obyek dengan cara-cara tertentu | |
C. sikap adalah perasaan yang mendukung atau memihak | |
D. sikap merupakan bentuk evaluasi atau reaksi perasaan |
A. Salah, karena merupakan pendapat dari Chave (1928), Bogardus (1931), dan lain-lain
B. Salah, pendapat dari Mar’at
C. Salah, pendapat dari Mar’at
D. Benar, Louis Thurstone, Rensis Likert, dan Charles Osgood adalah kelompok pakar psikologi yang berpendapat bahwa sikap adalah suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan
10. Sikap terdiri atas beberapa komponen, salah satunya adalah komponen kognisi yaitu...
A. hasil pengalaman yang terakumulasi yang mengarah pada suatu obyek | |
B. aspek kecenderungan berperilaku tertentu sesuai dengan sikap yang dimiliki seseorang | |
C. representasi apa yang dipercayai oleh individu pemilik sikap | |
D. perasaan suka atau tidak suka |
A. Salah, merupakan definisi sikap dari Mc David dan Harari
B. Salah, merupakan penjelasan dari komponen konatif
C. Benar, Menurut Azwar (1995) komponen kognisi merupakan representasi apa yang dipercayai oleh individu pemilik sikap.
Option D. Salah, merupakan penjelasan dari komponen afektif
11. Percobaan Pavlov adalah salah satu contoh pendekatan Teori Belajar Classical Conditioning yang paling populer. Teori Classical Conditioningyaitu...
A. bentuk belajar dari suatu organisme yang berinteraksi dengan lingkungannya akibat dari suatu reinforcement dengan perilaku yang spontan, tanpa dikeluarkan secara instinktif oleh stimulus apapun | |
B. suatu bentuk belajar dari organisime yang memungkinkan timbulnya respon terhadap suatu rangsangan yang sebelumnya tidak memberikan respon tersebut | |
C. teori belajar yang mengasosiasikan respon-respon bawaan dengan stimulus-stimulus baru | |
D. belajar membangun beberapa macam argumentasi untuk pertahanan yang berlawanan yang mendukung kepercayaan individu |
A. Salah, merupakan definisi dari operant conditioning
B. Salah, merupakan definisi dari tingkah laku responden
C. Benar, Teori Classical Conditioning adalah suatu bentuk belajar yang memungkinkan organisme memberikan respon terhadap suatu rangsangan yang sebelumnya tidak memberikan respon tersebut
D. Salah, merupakan salah satu pengertian dari operant conditioning
12. Teori yang mengonsentrasikan pada apa yang terjadi dalam diri individu dalam kaitannya dengan komponen-komponen afektif dan kognitif adalah teori....
A. konsistensi afektif-kognitif | |
B. disonansi afektif-kognitif | |
C. konsistensi kognitif-social judgement | |
D. inokulasi afektif-kognitif |
A. Benar, Teori konsistensi afektif-kognitif adalah teori yang mengonsentrasikan pada apa yang terjadi dalam diri individu dalam kaitannya dengan komponen-komponen afektif dan kognitif. Apabila antara komponen kognitif dan afektif bersifat konsistensi satu sama lainnya, maka sikap seseorang akan berada dalam kondisi yang stabil.
B. Salah, tidak ada teori disonansi afektif-kognitif yang ada Teori Disonansi Kognitif
C. Salah, tidak ada teori konsistensi kognitif-social judgement yang ada Teori social judgement
D. Salah, tidak ada teori inokulasi afektif-kognitif,yang ada pendekatan inokulasi
13. Salah satu konsep utama dari Teori Social Judgement adalah pembentukan skala penilaian. Pembentukan skala penilaian terjadi karena...
A. setiap rangsangan memiliki nilai kualitatif serta berdimensi tersendiri berdasarkan perhatian individu | |
B. setiap rangsangan memiliki nilai kuantitatif yang berdimensi sendiri berdasarkan kepentingan dan perhatian individu | |
C. dalam menilai serangkaian rangsangan akan menggunakan rangsangan yang terendah (paling sedikit) dan rangsangan yang tertinggi (paling banyak) | |
D. sikap seseorang tidak hanya sekedar satu titik melainkan merupakan suatu area atau posisi-posisi tertentu. |
A Salah, setiap rangsangan memiliki nilai kuantitatif bukannilai kualitatif
B. Benar, Konsep utama dari teori Social Judgment adalah pembentukan skala penilaian, norma-norma, penolakan, penerimaan, dan wilayah dari tingkat menerima atau menolak. Oleh karena setiap rangsangan memiliki nilai kuantitatif yang berdimensi sendiri berdasarkan kepentingan dan perhatian individu, maka pembentukan skala penilaian akan disesuaikan dengan konsep individu yang berkaitan dengan hubungan sosialnya.
C. Salah, merupakan patokan penilaian setiap rangsangan
D. Salah, merupakan pengertian garis lintang perneimaan dan penolakan
14. Dasar dari Teori Fungsional adalah perubahan sikap seseorang tergantungan pada kebutuhannya, yang terdiri atas aspek-aspek perubahan tentang sikap ...
A. nilai impresif | |
B. diskrepansi perilaku | |
C. ego-defensive | |
D. nilai utilitarian |
A. Salah, tidak ada nilai impresif, adanya nilai ekspresif
B Salah, dalam pendekatan Teori Fungsional tidak ada diskrepansi perilaku yang ada insight
C. Benar, Dasar dari Teori Fungsional adalah perubahan sikap seseorang tergantungan pada kebutuhannya, yang terdiri atas aspek-aspek perubahan tentang sikap utilitarian, nilai ekspresif, ego-defensive, dan fungsi pengetahuan.
D. Salah, karena fungsi utilitarian menyatakan bahwa individu dengan sikapnya berusaha untuk memaksimalkan hal-hal yang diinginkan dan meminimalkan aspek-aspek yang tidak disukai (Azwar, 1995)
15. Aspek penting bagi efektivitas komunikasi persuasif adalah kredibilitas, yaitu....
A. seperangkat persepsi komunikan tentang diri komunikator | |
B. semantic differential | |
C. sleeper effect | |
D. prestige reference |
A. Benar. Kredibilitas dalam komunikasi persuasif menurut Mar’at (1982) adalah seperangkat persepsi komunikan tentang diri komunikator
B. Salah, semantic diffrential adalah skala untuk mengukur kredibilitas sumber
C. Salah, sleeper effect, adalah kredibilitas persuader sedikit demi sedikit akan memudar dalam jangka waktu yang cukup panjang
D. Salah, prestige reference adalah referensi sumber yang mengungkapkan dan menekankan hubungan personalnya dengan orang lain yang memiliki pengalaman yang berkaitan dengan topik yang dibicarakan
16. Penjelasan tentang penyebab tenggelamnya kapal laut oleh pakar fisika menyebabkan keluarga korban memahami hal tersebut, dikarenakan kredibilitas sumber. Kredibilitas sumber menurut Kelly terdiri atas...
A. safety, qualifitication, dynamism, sosiability | |
B. expertness dan trustworthiness | |
C. semantic differential dan sleeper effect | |
D. rasa aman, sosiabilitas, dan keahlian |
A Salah, pembagian ini menurut Berlo, Lemert, dan Mertz (1970)
B. Benar, Menurut Hovland, Janis, dan Kelly (1953) komponen kredibilitas sumber terdiri atas keahlian (expertness) dan dapat dipercaya (trustworthiness).
C Salah, alat ukur kredibilitas dan masa keterpengaruhan kredibilitas sumber
D Salah, terjemahan dari point A
17. Rahmat berpendapat bahwa konsep dasar identifikasi dalam komunikasi persuasif dapat terjadi jika...
A. individu mendefinisikan perannya sesuai dengan peranan orang lain | |
B. sumber komunikasi persuasif mempengaruhi persuadee dengan menggunakan bahasa, gerak tubuh, gaya suara, imajinasi, dan sikap | |
C. individu mengambil perilaku orang lain atau kelompok lain untuk mendefinisikan dirinya secara memuaskan | |
D. sumber dapat mengidentifikasi yang menyacu pada pengalaman pendengar dengan mempertimbangkan apa yang dibaca, dilihat, dan didengar |
A Salah, definisi belum lengkap,
B Salah, definisi ini adalah definisi proses komunikasi persuasif
C Benar, Identifikasi berkenaan dengan pemakaian keseluruhan aspek-aspek sikap, nilai, dan perilaku model, tidak hanya perilaku-perilaku dan atau perbuatan-perbuatan tertentu saja. Identifikasi dapat terjadi dalam komunikasi persuasif jika individu mengambil perilaku orang lain atau kelompok lain untuk mendefinisikan dirinya secara memuaskan. (Rahmat, 1986).
D Salah, hal tersebut adalah strategi khusus yang berkaitan dengan identifikasi
18. Faktor kesamaan atau kemiripan merupakan dasar dari daya tarik untuk semua jenis hubungan manusia, yang menurut Moss dan Tubb....
A. jika terdapat kemiripan pada satu kelompok massa sehingga mereka mempunyai sikap yang sama, mereka tak perlu berkomunikasi | |
B. kita cenderung tertarik dengan orang yang mempunyai sikap yang mirip dengan sikap kita | |
C. kesamaan merupakan faktor yang sangat penting dalam efektivitas dan efisiennya komunikasi persuasif | |
D. bahwa dalam batas-batas tertentu, semakin mirip pihak-pihak yang berkomunikasi, maka akan semakin efektif pula komunikasi di antara mereka. |
A Salah, hal tersebut merupakan pendapat dari Rogers dan Shoemaker
B Salah, tidak hanya memiliki kemiripan sikap tetapi juga kemiripan dalam kepercayaan (Rogers dan Shoemaker)
C Salah, hal tersebut merupakan maksud dari pernyataan Rogers dan Shoemaker (point A)
D Benar, Faktor kesamaan atau kemiripan merupakan dasar dari daya tarik untuk semua jenis hubungan manusia, yang menurut Moss dan Tubb bahwa dalam batas-batas tertentu, semakin mirip pihak-pihak yang berkomunikasi, maka akan semakin efektif pula komunikasi di antara mereka.
19. Definisi status menurut Yusuf adalah...
A. suatu fungsi yang memiliki peran dan posisi tertentu di dalam suatu kelompok dan atau sistem sosial | |
B. kebebasan seseorang dalam posisi tertentu untuk mengambil prakarsa dan mempertahankan tujuan kelompok | |
C. derajat pengorganisasian posisi | |
D. penetapan individu dalam suatu kelompok atau masyarakat |
A Benar, Hubungan timbal balik antara individu dari suatu sistem sosial dengan sistem sosial itu sendiri, yang menurut Yusuf (1989) bahwa suatu fungsi yang memiliki peran dan posisi tertentu di dalam suatu kelompok dan atau sistem sosial
B Salah, karena merupakan pendapat Sarwono (1982).
C Salah, karena merupakan pendapat Linton (1945).
D salah,
20. Jika kita mengeluarkan biaya untuk menambal gigi yang berlubang kepada dokter gigi, berarti kita memiliki kekuasaan dasar yang berpengaruh terhadap hubungan manusia yaitu kekuasaan...
A. Rujukan | |
B. ganjaran | |
C. hukuman | |
D. pengabsahan |
A Salah, rujukan adalah kekuasaan yang didasari oleh perasaan saling menyukai dan saling beridentifikasi antara dua individu
B Benar, Kekuasaan ganjaran atau reward power adalah kekuasaan yang didasari oleh kemampuan individu untuk memberi ganjaran kepada individu yang lain.
C Salah, hukuman adalah kekuasaan yang didasari oleh kemampuan individu untuk memberi hukuman kepada individu yang lain
D Salah, pengabsahan adalah kekuasaan yang didasari oleh hak yang ada pada individu untuk membenarkan atau menyalakan tingkah laku individu yang lain
21. Speech therapy adalah cara untuk merangsang wicara (community stimuli) yang dapat dikategorikan ke dalam pesan....
A. nonverbal yang disengaja | |
B. noverbal yang tidak disengaja | |
C. verbal tidak disengaja | |
D. verbal disengaja |
A Salah, nonverbal yang disengaja adalah jenis-jenis pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi
B Salah, nonverbal yang tidak disengaja adalah jenis-jenis pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi
C Salah, verbal tidak disengaja adalah jenis – jenis pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi
D Benar, Communicative stimuli merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sadar untuk berhubungan dengan orang lain secara lisan. Option A, B, dan C adalah jenis – jenis pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi.
22. Efektifitas pesan dapat diukur melalui..
A. perbandingan antara makna yang ditangkap persuadee terhadap makna dari persuader | |
B. seberapa banyak respon dari persuader | |
C. perbandingan antara makna yang dimaksud oleh penerima terhadap makna yang ditangkap persuader | |
D. pemahaman atas kerumitan sasaran dalam menanggapi pesan |
A Benar. Efektifitas komunikasi akan tercapai apabila respon yang diinginkan sumber (S) dan respon yang diberikan oleh penerima pesan (R) identik. R = makna yang ditangkap penerima= 1 S makna yang dimaksud pengirim
B Salah karena Option B penjelasan yang salah dari rumus di atas
C Salah karena C penjelasan yang salah dari rumus di atas
D Salah, karena D penjelasan yang salah dari rumus di atas
23. Yang dimaksud dengan arti denotatif adalah
A. hubungan antara simbol dengan makna kata | |
B. hubungan antara simbol dengan obyek | |
C. akibat dari faktor-faktor internal individu | |
D. arti yang tidak pernah tetap |
A Salah, hal itu adalah arti atau meaning, bukanlah sesuatu yang kita jumpai di dalam benda atau objek
B Benar, Arti denotatif terdiri atas hubungan antara simbol kata dengan suatu tanda atau kejadian
C Salah, karena berdasarkan apa yang telah kita pelajari, ternyata ”arti” bersifat sangat pribadi dan ”arti” tersebut ditentukan oleh masing-masing individu untuk dirinya
D Salah, karena pengalaman berubah, maka arti berubah
24. Kaitan antara bahasa dan pikiran menurut hipotesis Sapir dan Whorf adalah...
A. dunia dipersepsi secara berbeda oleh para anggota komunitas linguistik | |
B. bahasa yang kita gunakan mempengaruhi pengalaman kita | |
C. bahasa adalah alat yang dimiliki bersama untuk mengungkapkan gagasan | |
D. pikiran dibentuk oleh bahasa |
A Salah, merupakan pendapat Moss dan Tubss (1996)
B Salah, merupakan kelanjutan dari pendapat Moss dan Tubss
C Salah, merupakan pendapat dari Rakhmat
D Benar, Ketika orang belajar suatu budaya maka perhatiannya diarahkan kepada hubungan yang penting dalam konteks itu dan fokus ini mempengaruhi sistem kategori dalam memori.
25. Iklan: Nutricia, makanan enak bisa di mana saja. Beli 3 Nutricia Meal Time rasa apa saja, gratis 1 Meal Bowl. Mangkuk makan, lengkap dengan tutup dan sendok. Praktis dan higienies, sehingga si kecil kita bisa makan enak di mana saja. Kumpulkan seluruh koleksinya. Promo berlaku hingga 14 Februari 2008. Dalam iklan di atas terdapat aspek-aspek yang berkaitan dengan...
A. membentuk opini yang sama tentang produk tersebut | |
B. menstimuli perilaku konsumen | |
C. membentuk, memperkuat, dan mengubah tanggapan | |
D. proses penyandian pengalihan sandi nonverbal |
A Salah, karena
B Salah, karena
C Benar, karena Membentuk, memperkuat, dan mengubah tanggapan
D Salah, karena
26. Daya guna pesan persuasif yang berfungsi sebagai refeleksi diri adalah...
A. pesan merupakan fenomena yang berjalan pada saluran yang menghubungkan dua sumber atau penerima atau lebih | |
B. pesan yang merupakan peristiwa perilaku yang berhubungan dengan keadaan internal seseorang | |
C. bentuk lokasi pikiran dan verbalisasi dalam diri inividu | |
D. pesan yang merupakan variabel untuk mencari fungsi yang menjadikan bersama |
A Salah, karena
B Benar, daya guna pesan yang berfungsi sebagai refleksi diri menurut Berlo (1960) pesan yang merupakan peristiwa perilaku yang berhubungan dengan keadaan internal seseorang
C Salah, karena
D Salah, karena
27. Saluran dalam komunikasi persuasif adalah...
A. sarana perjalanan pesan antara persuader dan persuadee | |
B. penghubung antara sumber dan penerima di luar struktur komunikasi | |
C. bukan komponen komunikan | |
D. rangkaian mekanisme antara unit-unit yang saling berpartisipasi di luar proses komunikasi |
A Benar, karena Terjemahan bebas dari definisi yang dikemukakan oleh Reed H. Blake dan Edwin O. Haroldsen, saluran merupakan jalan atau alat (sarana) untuk perjalanan pesan antara persuader(sumber atau pengiriman pesan) dengan persuadee (penerima).
B Salah, karena saluran komunikasi tidak pernah ada di luar struktur komunikasi itu sendiri
C Salah, karena saluran komunikasi adalah komponen komunikasi yang merupakan jaringan yang efektif yang menghubungkan sumber dan penerima dalam struktur komunikasi
D Salah, karena bukan definisi dari proses komunikasi dan saluran
28. Tahap kejadian yang paling ideal dalam peristiwa komunikasi persuasif adalah...
A. definition physical interdependence | |
B. interaction | |
C. action-reaction interdependence | |
D. interdependence of expectation |
A Salah, karena dalam kondisi tipe ini, masing-masing peserta tidak lebih dari hanya sekedar memiliki kesempatan untuk berbicara dan memberi peluang kepada yang lain untuk hal yang sama
B Benar. karena Tahap interactionmerupakan kejadian yang paling ideal dalam peristiwa komunikasi persuasif. Dalam peristiwa ini, komunikasi berjalan dengan harmonis, karena kedua belah pihak merasa beruntung. Persuader benar-benar telah menjalankan perannya dengan baik, karena persuadee secara sadar mau menerima pesan yang disampaikannya
C Salah, karena pertukaran pesan antara kedua belah pihak
D Salah, karena dalam peristiwa tersebut, masing-masing peserta komunikasi telah introspeksi diri, memikirkan diri sendiri dan orang lain, serta adanya suatu harapan terhadap orang lain atau lawan bicaranya (tanpa berinteraksi, komunikasi satu arah)
29. Interaksi merupakan aspek yang sangat vital untuk terjadinya komunikasi persuasif yang efektif. Interaksi yang terjadi di antara anggota-anggota dalam suatu kelompok ditentukan oleh...
A. hubungan kelompok primerPenyimpanan | |
B. tekanan konformitas dari kelompok | |
C. pola komunikasi yang terjadi | |
D. pengaruh kelompok lain |
A Salah, karena hubungan kelompok primer merupakan contoh pola komunikasi
B Salah, karena tekan konformitas dari kelompok merupakan kelompok referensi
C Benar, Dalam komunikasi kelompok, interaksi yang terjadi di antara anggota kelompok ditentukan oleh pola komunikasi yang terjadi.
D Salah, karena
30. Media yang memberikan kesempatan kepada persuader untuk mengembangkan topik, isu, dan argumentasinya secara penuh, bilamana hal itu perlu adalah ....
A. film | |
B. televisi | |
C. kaset dan CD | |
D. majalah |
A Salah. karena Film melibatkan emosi secara pribadi, tidak memberikan kebebasan yang lebih besar untuk menyebutkan dengan pasti (pengertian) atau nuansa imajiner, interpretasi, dan sebagainya.
B Salah. karena Televisi melibatkan emosi secara pribadi, tidak memberikan kebebasan yang lebih besar untuk menyebutkan dengan pasti (pengertian) atau nuansa imajiner, interpretasi, dan sebagainya.
C Salah. karena Kaset dan CD melibatkan emosi secara pribadi, tidak memberikan kebebasan yang lebih besar untuk menyebutkan dengan pasti (pengertian) atau nuansa imajiner, interpretasi, dan sebagainya
D benar, karena Media yang memberikan kesempatan kepada persuader untuk mengembangkan topik, isu, dan argumentasinya secara penuh, bilamana hal itu perlu adalah media cetak. Selain itu, dengan media cetak persuader tidak akan terdesak atau frustasi karena keterbatasan waktu
31. Pengaruh yang menimbulkan penguatan pada khalayak akan pandangan dunia yang sama, peranan yang sama, dan nilai-nilai yang sama pula adalah efek dari terpaan televisi sebagai...
A. the effects of syntetic experience | |
B. proses selektivitas yang didasarkan pada opini | |
C. cultivation | |
D. jarum suntik hipodermik |
A Salah, karena inti dari Teori the effects of syntetic experience intinya adalah media elektronik menampilkan jenis pengalaman tiruan.
B Salah, karena proses selektivitas yang didasarkan pada opini adalah efek komunikasi massa berdasarkan The limited-effects model
C Benar, karena Stem di atas merupakan isi dari Cultivation Theory.
D Salah, karena teori jarum suntik hipodermik atau juga dikenak dengan The bullet Theory,merupakan konsepsi pertama yang muncul berkenaan dengan efek media massa
32. Salah satu aspek dari aktualisasi diri adalah DIRI (SELF) yang merupakan...
A. suatu ekspresi yang bebas dan sempurna dari kebutuhan fisik, keamanan, cinta, dan kepercayaan diri | |
B. suatu susunan konsep hipotetis yang merujuk pada perangkat yang kompleks dari proses fisik, perilaku, dan kejiwaan seseorang | |
C. pengembangan dan perluasan diri menurut garis-garis yang telah ada sejak lahir | |
D. aktivitas tubuh kita dan aktivitas biologis yang berlangsung di dalamnya |
Option A Salah, karena merupakan definisi dari Maslow dan Carl Rogers
Option B Benar, Stem di atas merupakan definisi DIRI (SELF) dari Calhoun dan Acoccela.
Option C Salah, karena definisi dari Rogers
Option D Salah, karena arti diri secara harfiah
33. Konsep aktualisasi diri menurut Maslow dan Rogers adalah
A. suatu ekspresi yang bebas dan sempurna dari kebutuhan fisik, keamanan, cinta, dan kepercayaan diri | |
B. suatu susunan konsep yang merujuk pada perangkat yang kompleks dan proses fisik, perilaku, dan kejiwaan seseorang | |
C. sebutan yang diberikan seseorang untuk apa yang dijalaninya yang merupakan kesatuan prinsip yang mempersatukan berbagai aspek kepribadian | |
D. suatu hasrat dari setiap individu untuk memperoleh penerimaan sikap, dihargai, dan dicintai secara hangat oleh orang lain |
A Benar, Maslow dan Rogers adalah tokoh humanistik yang sangat berpengaruh dan mempopulerkan konsep aktualisasi diri.
B Salah, karena
C Salah, karena
D Salah, karena
34. Komunikasi persuasif berhubungan dengan kebiasaan persuadee yakni kecenderungan persuadee menggunakan metode dalam merespon suatu stimulus. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kekuatan kebiasaan persuadeeadalah ....
A. cara mengekspresikan nilai – nilai atau keyakinan | |
B. jumlah ganjaran | |
C. waktu antara stimuli dan ganjaran | |
D. isolasi hubungan stimuli dan belajar |
A Salah, karena
B Benar. karena Ada lima faktor yang mempengaruhi perkembangan kekuatan kebiasaan, salah satunya adalah jumlah ganjaran
C Salah, karena bukan waktu antara stimuli dan ganjaran, tetapi waktu antara respon dan ganjaran
D Salah, karena bukan isolasi hubungan stimuli dan ganjaran tetapi isolasi hubungan Stimuli – Respon (SR)
35. Pengaruh komunikasi persuasi terhadap penerima melalui pendekatan tradisional berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa...
A. persuadee yang memiliki harga diri rendah akan mudah terbujuk daripada persuadee yang harga dirinya tinggi | |
B. ada suatu usaha pemahaman tentang apa yang dipikirkan persuadee sewaktu mereka dihadapkan pada stimulus persuasif | |
C. ada suatu usaha pemahaman tentang bagaimana proses berpikir persuadee yang berkaitan dengan penentuan perubahan sikap yang akan benar-benar terjadi | |
D. persuadee mengonsenterasikan dirinya pada peran dan argumentasi yang diterimanya sehingga Ia menerima persuasi melalui jalur netral |
A Benar. karena Hal di atas merupakan hasil penelitian tentang pengaruh komunikasi persuasif melalui pendekatan tradisional yang dilakukan oleh Janis (1954)
B Salah, karena Option B dan C merupakan pengaruh komunikasi persuasif melalui pendekatan kognitif (halaman 7.36)
C Salah, karena Option B dan C merupakan pengaruh komunikasi persuasif melalui pendekatan kognitif (halaman 7.36)
D salah, karena Option D adalah tahap I dari elaboration likelihood (halaman 7.37 – 3.78).
36. Persuabilitas dapat diartikan sebagai kerentanan audiens yang berasosiasi dengan faktor-faktor...
A. dogmatis dan harga diri | |
B. jenis kelamin dan usia | |
C. intelegensi dan tingkat pendidikan | |
D. jenis kelamin dan autoritarianisme |
A Salah, karena
B Benar, karena Anak-anak dan wanita secara umum lebih mudah dipersuasi dari pada laki-laki dewasa (hal. 7,40). Option : A, C, & D merupakan faktor yang mencegah perluasan untuk topik yang kompleks atau merupakan suatu posisi yang disebut ego threstering.
C Salah, karena
D Salah, karena
37. Teknik persuasi yang dikemukakan oleh Charles Larson adalah...
A. the swap technique | |
B. don’t ask if, ask which | |
C. reassurance | |
D. transfer |
A Salah, karena A, C, D merupakan teknik yang dikemukakan oleh William S. Howel,
Option B Benar,
C Salah, karena A, C, D merupakan teknik yang dikemukakan oleh William S. Howel
D Salah, karena A, C, D merupakan teknik yang dikemukakan oleh William S. Howel
38. “Ok kita bertemu hari Rabu, tanggal 28 Januari 2009 untuk membahas penelitian kita yang tertunda.” Teknik persuasi ini adalah teknik...
A. the swap technique | |
B. reassurance | |
C. transfer | |
D. don’t ask if, ask which |
A Salah. karena Teknik ini dilakukan dengan cara barter baik yang berkaitan dengan barter barang maupun informasi.
B Salah, karena teknik ini untuk mengulang persuasi Anda, apakah berupa penjualan atau pemberian gagasan baru.
C Salah, karena teknik transfer adalah lingkungan yang terasa berpengaruh pada hasil persuasi yang kita lakukan
D Benar. karena Teknik ini menyarankan janganlah bertanya dengan…”jika,…, karena itu berarti Anda berupaya untuk menghindari penolakan dari sasaran Anda.
39. Pedagang minyak wangi, dalam teknik penjualannya seringkali mengoleskan parfumnya ke bagian tubuh sasarannya atau di selembar kertas atau karton. Teknik yang dilakukan oleh pedagang adalah teknik…
A. ask more, so they settle for less | |
B. planting | |
C. getting partial commitment | |
D. humor |
A Salah, karena teknik ini didasari oleh asumsi bahwa orang cenderung menuntut jauh lebih banyak daripada apa yang mereka harapkan dapat diterima
B Salah, karena teknik ini merupakan salah satu cara untuk mempersuasi sasaran dengan cara menggunakan pengertian sasaran yang dikaitkan dengan produk atau gagasan yang ditawarkan.
C Benar. karena Teknik ini, mencoba sasaran kita untuk menerima apa yang kita sampaikan secara bertahap dan dalam jangka waktu tertentu.
D Salah, sebab sifat dari teknik humor adalah membentuk relaksasi bagi persuader maupun persuadee.
40. Peran humor yang bersifat “mencela diri” antara lain adalah untuk...
A. meningkatkan citra pembicara | |
B. memperoleh respon “yes” dari persuadee | |
C. menghindari perdebatan dengan persuadee | |
D. memberi informasi dengan cara barter |
A Benar, karena peran humor adalah untuk meningkatkan citra pembicara.
B Salah, karena opsion B, C, D adalah teknik yang berbeda
C Salah, karena opsion B, C, D adalah teknik yang berbeda
D Salah, karena opsion B, C, D adalah teknik yang berbeda
41. Penggunaan humor merupakan teknik yang popular dalam komunikasi persuasive. Berdasarkan pendekatan Teori Belajar humor dapat…
A. membingungkan | |
B. membuat reinforcement | |
C. meningkatkan efektivitas persuasi | |
D. membangkitkan kesukaan terhadap persuade |
A Salah, karena teknik humor tidak membingungkan persuadee.
B Salah, karena teknik humor tidak dapat meningkatkan pemahaman penerima
C Benar. Markiewics (1974) menyebutkan bahwa Teori Belajar dan Teori Distraksi merupakan dua teori yang memberi harapan untuk memahami hubungan antara humor dengan persuasi. Pendekatan Teori Belajar, humor dapat membuat reinforcement dan mendorong terjadinya perubahan sikap
D Salah, karena humor mungkin tidak dapat membangkitkan kesukaan terhadap persuadee, tetapi dapat mempengaruhi persepsi penerima tentang karakter persuader
42. Agar komunikasi persuasif dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, maka strategi yang digunakan perlu dirumuskan terlebih dahulu, yang menurut Scoot M. Cutlip dan Allen H. Center (1978) adalah…
A. rekonsiderasi | |
B. pengumpulan dan analisis data | |
C. prinsip familiaritas | |
D. prinsip evaluasi |
A Salah, karena hal ini merupakan rumusan strategi komunikasi persuasif tetapi bukan hasil rumusan Scott M. Cutlip dan Allen H. Center
B Salah, karena hal ini merupakan rumusan strategi komunikasi persuasif tetapi bukan hasil rumusan Scott M. Cutlip dan Allen H. Center
C Benar. karena Scott M. Cutlip dan allen H. Center merumuskan strategi komunikasi persuasif yaitu prinsip identifikasi, prinsip tindakan, prinsip familiaritas, prinsip kepercayaan, dan prinsip kejelasan.
D Salah,karena hal ini merupakan rumusan strategi komunikasi persuasif tetapi bukan hasil rumusan Scott M. Cutlip dan Allen H. Center
43. Berdasarkan pemikiran De Fleur dan Rokeach, asumsi utama strategi the meaning conctructionadalah…
A. ciri-ciri biologis merupakan hal yang diwariskan | |
B. faktor emosional dan biologis | |
C. perilaku manusia dipengaruhi oleh kekuatan luar diri individu | |
D. pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku |
A Salah,
B Salah,
C Salah,
D Benar. karena Strategi yang dikemukakan oleh De Fleur dan Rokeach adalah dengan memanipulasi pengertian yang berawal dari konsep bahwa hubungan antara pengetahuan dan perilaku dapat dicapai sejauh apa yang dapat diingat….. Berdasarkan pemikiran tersebut maka asumsi utama dari strategi tersebut adalah pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku
44. Komunikasi antara dua pihak tidak selalu berjalan dengan lancar. Hambatan dalam komunikasi antara lain dapat terjadi karena hal-hal berikut ini kecuali...
A. kesenjangan generasi | |
B. kesenjangan kredibilitas | |
C. kegagalan komunikasi | |
D. tidak ada persuadee |
A Salah. karena Pada umumnya, hambatan komunikasi yang terjadi dapat disebabkan oleh adanya faktor kesenjangan generasi, kesenjangan kredibilitas, kegagalan untuk berkomunikasi, dan lain-lain.
B Salah, karena merupakan salah satu hambatan komunikasi yang terjadi karena disebabkan oleh adanya faktor kesenjangan generasi, kesenjangan kredibilitas, kegagalan untuk berkomunikasi, dan lain-lain.
C Salah, karena juga merupakan salah satu hambatan komunikasi yang terjadi karena disebabkan oleh adanya faktor kesenjangan generasi, kesenjangan kredibilitas, kegagalan untuk berkomunikasi, dan lain-lain.
D Benar. Oleh karena dengan tidak adanya persuadee bukan berarti hambatan tetapi memang tidak adanya proses komunikasi. Oleh karena itu, hal ini tidak termasuk dalam hambatan dalam proses komunikasi
45. Mengatasi masalah citra adalah dengan cara sebagai berikut...
A. mencari orang yang berpengaruh dalam kelompok | |
B. memikirkan tentang emosi positif | |
C. memastikan bahwa sasaran mengetahui tentang kelebihan kita | |
D. memperhatikan adanya pertentangan dalam diri sasaran |
A Salah, adalah cara mengatasi masalah sikap
B Salah, adalah cara untuk mengatasi masalah skeptisme
C Benar. Cara mengatasi masalah kredibilitas yang berbanding lurus dengan citra
D Salah, adalah cara menagatsi masalah sikap
46. Dalam memilih topik yang perlu dianalisis, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah hal-hal berikut ini, kecuali...
A. topik apa | |
B. dalam bentuk mana | |
C. persuasi siapa | |
D. berapa biaya analisis |
A Salah, oleh karena dalam memilih topik untuk dianalisis adalah hal-hal yang harus dijawab seperti topik apa, dalam bentuk mana, persuasi siapa, ditujukan kepada siapa dan kapan hal itu dilakukan.
B Salah, oleh karena dalam memilih topik untuk dianalisis adalah hal-hal yang harus dijawab seperti topik apa, dalam bentuk mana, persuasi siapa, ditujukan kepada siapa dan kapan hal itu dilakukan
C Salah, oleh karena dalam memilih topik untuk dianalisis adalah hal-hal yang harus dijawab seperti topik apa, dalam bentuk mana, persuasi siapa, ditujukan kepada siapa dan kapan hal itu dilakukan
D Benar, karena tidak termasuk topik yang perlu dianalisis, tetapi bagian dari pendukung analisis atau penelitian secara keseluruhan.
47. Proses penilaian terhadap suatu kegiatan komunikasi persuasif adalah metode analisis masalah dalam komunikasi persuasif yang termasuk metode...
A. analisis yang berpusat pada pesan | |
B. evaluasi kritis | |
C. analisis sebab akibat | |
D. analisis yang berorientasi teori |
A Salah, karena metode ini menelusuri tentang pengertian, metode, dan motivasi yang digunakan dalam suatu proses komunikasi persuasif, terutama dokumen-dokumen retorika.
B Benar, karena evaluasi merupakan proses penilaian yang hasilnya dapat bersifat positif, negatif, atau ada di antara keduanya
C Salah, karena analisis sebab-akibat adalah suatu analisis untuk menentukan apakah usaha-usaha retorika itu efektif
D Salah, karena analisis yang berorientasi teori adalah analisis yang memfokuskan diri pada objek retorika terutama studi kasus dalam materi atau isi pidato
48. Analisis penelitian tentang komunikasi persuasif dapat dilakukan dengan berbagai teknik antara lain analisis...
A. evaluasi kritis | |
B. sebab akibat | |
C. kuantitatif | |
D. ilmiah |
A Salah, karena evaluasi kritis adalah salah satu metode dari analisis persuasi dan bukan teknik analisis.
B Salah, sebab akibat salah satu metode dari analisis persuasi dan bukan teknik analisis.
C Benar, sebab teknik analisis komunikasi persuasif adalah analisisi kualitatif dan kuantitatif
D Salah, sebab Ilmiah adalah penjelasan yang umum tentang analisis, misalnya analisis ilmiah adalah analisis yang digunakan dalam penelitian ilmiah.
49. Salah satu tujuan komunikasi persuasif dalam periklanan adalah melakukan pengidentifikasian dan pemeriksaan terhadap ….
A. merek dagang yang diiklankan | |
B. kemasan iklan | |
C. slogan iklan | |
D. dukungan suatu iklan |
A Salah, karena merek dagang yang diiklan merupakan salah satu aspek yang dikaji dalam komunikasi persuasif
B Salah, karena kemasan iklanmerupakan salah satu aspek yang dikaji dalam komunikasi persuasif
C Salah, karena kemasan iklanmerupakan salah satu aspek yang dikaji dalam komunikasi persuasif
D Benar, Tujuan analisis komunikasi persuasif adalah untuk melakukan pengidentifikasian dan pemeriksaan terhadap pesan, isi, tujuan, dukungan, dan konteks sosial suatu iklan, sedangkan aspek yang dikaji meliputi merek dagang, kemasan, slogan, perbedaannya dengan produk lain, promosi, dan bentuk-bentuk pesan.
50. Masalah-masalah komunikasi persuasif periklanan dapat berasal dari hal sebagai berikut, kecuali...
A. strategi komunikasi persuasif | |
B. sumber iklan | |
C. saluran | |
D. lingkungan sosial dan budaya |
A Benar. Karena strategi merupakan rencana terpilih yang bersifat teliti dan hati-hati untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
B Salah, karena jawaban B, C dan D merupakan masalah-masalah penelitian komunikasi persuasif periklanan
C Salah, karena jawaban B, C dan D merupakan masalah-masalah penelitian komunikasi persuasif periklanan
D Salah, karena jawaban B, C dan D merupakan masalah-masalah penelitian komunikasi persuasif periklanan
EmoticonEmoticon