Latihan Mandiri Bahasa Indonesia MKDU4110


1. Alasan bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia adalah ... .
       
A. merupakan bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. memiliki fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. memiliki sifat bersahaja
Benar. Bahasa Melayu pada saat itu sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai lapisan di banyak wilayah di Nusantara.

2. Butir pertama sumpah pemuda berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
       
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Benar. Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.

3. Bangsa Indonesia seharusnya memiliki kebanggaan dalam menggunakan bahasa Indonesia. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
       
A. lambang kebanggaan nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Benar. Lambang kebanggaan nasional bermakna bangsa Indonesia selalu bangga akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.

4. Contoh penggunaan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama adalah ... .
       
A. Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah adalah bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah adalah bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melakukan tawaf.
D. Kakbah adalah kiblat umat Islam ketika melakukan salat, bukan bangunan yang disembah.
Benar. Kakbah kata baku, terdapat dalam kamus.

5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa adalah ujar atau lisan adalah ... .
       
A. ragam bahasa terdiri atas ragam lisan dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi sejak manusia pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak menggunakan bahasa lisan ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis hanya dapat digunakan oleh orang-orang terpelajar
Benar. Komunikasi sudah dilakukan manusia sejak Adam lahir dengan menggunakan bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.

6. Sebagai alat komunikasi, bahasa baru dikatakan efektif jika dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa adalah ... .
       
A. ujaran
B. tulisan
C. memiliki makna
D. memiliki fungsi
Benar. Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi adalah makna-makna yang diujarkan (bahasa).

7. Sondang yang berasal dari Batak belum dapat melafalkan fonem /e/ menjadi /ə/, kata apel selalu dilafalkan [apεl). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
       
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Benar. Variatif adalah sifat bahasa dengan berbagai variasinya seperti dialek dan ideolek.

8. Mengapa hewan kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut semut bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menunjukkan bahwa bahasa memiliki sifat ... .
       
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis

9. Menyimak dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini adalah keterampilan yang berupa kegiatan ... .
       
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. menyampaikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan teknik tertentu
Benar. Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.

10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan adalah kegiatan ... .
       
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. menyampaikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Benar. Menyimak adalah kegiatan memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.

11. Ilustrasi ini menunjukkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dengan membaca.
       
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada acara pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang berisi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menyelesaikan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang berserakan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Benar. Penjelasan tersebut menggambarkan adanya hubungan antara keterampilan menulis dan membaca.

12. Faktor intelegensi sangat berpengaruh terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
       
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak merupakan suatu kegiatan yang sulit
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak adalah kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar
Benar. Penyimak harus pandai memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.

13. Faktor kemampuan menarik kesimpulan sangat berpengaruh terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang memiliki kemampuan menyimak yang baik akan ... .
       
A. memberikan kesimpulan yang salah pada akhir kegiatan menyimak
B. menjelaskan isi simakan yang berbeda dengan bahan simakan
C. memberikan kesimpulan sesuai dengan bahan yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan bahan simakan
Benar. Sesuai dengan penjelasan rambu A.

14. Kakak teman Pak Gatot dari Jember/ baru datang/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang tepat adalah ... .
       
A. Kakak/ teman Pak Gatot dari Jember baru/ datang tadi pagi.
B. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember baru datang/ tadi pagi.
C. alat pemersatu berbagai suku bangsa
D. Kakak teman Pak Gatot/ dari Jember/ baru datang tadi pagi.
Benar. Yang baru datang tadi pagi adalah teman Pak Gatot dari Jember.

15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar adalah menyimak ... .
       
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Benar. Menyimak sekunder adalah kegiatan menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.

16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan menyimak yang dilakukan para siswa adalah menyimak ... .
       
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Benar. Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, karena memerlukan daya konsentrasi yang memadai.

17. Membaca merupakan suatu proses merekonstruksi makna. Artinya membaca adalah kegiatan ... .
       
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang dapat dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. menjelaskan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Benar. Proses merekonstruksi makna dalam membaca adalah menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.

18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif adalah sebagai berikut, kecuali... .
       
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata sulit
D. memahami informasi tersurat
Benar. Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.

19. Pengertian pemahaman literal dalam kegiatan membaca adalah kemampuan pembaca dalam memahami ... .
       
A. makna kata yang digunakan penulis
B. makna kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Benar. Pemahaman literal adalah kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.

20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek teknik CATU tepat untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
       
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Benar. Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).

21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, adalah ... .
       
A. bahan bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Benar. Pernyataan tersebut merupakan karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.

22. Tujuan membaca cepat dengan teknik skimming adalah ... .
       
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan agar dapat menceritakan isinya dengan baik
Benar. Teknik skimming digunakan dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.

23. Karakteristik karya ilmiah populer adalah ... .
       
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih ringan, mudah dimengerti, dan enak dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Benar. Perhatikan rambu A.

24. Tesis adalah sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
       
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa program S1
C. mahasiswa program S2
D. mahasiswa program S3
Benar. Seorang mahasiswa program S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.

25. Contoh karya ilmiah populer berbentuk deskriptif- ekspositoris adalah ... .
       
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian tentang ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Benar. Tulisan yang berisi hal tersebut akan mengupas secara mendalam tentang kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).

26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal adalah ... .
       
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Benar. Kemampuan tersebut merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).

27. Seorang pembaca yang memiliki tingkat pemahaman interpretatif mampu ... .
       
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Benar. Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.

28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
       
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik kejadian yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat cerita atau puisi berdasarkan bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Benar. Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar adalah 26 bukan tanggal 25).

29. Setelah membaca bacaan yang berisi tingkah laku seekor hewan yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi tentang kebesaran Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
       
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Benar. Tingkat pemahaman kreatif mampu mencipta karya baru berdasarkan isi bacaan.

30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian adalah Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut telah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas adalah ... .
       
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Benar. Kata kunci wacana tersebut adalah teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.

31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawab dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. Dengan demikian, dikatakan Sella memiliki kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
       
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Benar. Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.

32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah tulisan adalah menilai organisasi tulisan yaitu ... .
       
A. pendahuluan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Benar. Organisasi dasar sebuah tulisan meliputi bagian pendahuluan, isi, dan penutup.

33. Dengan berbicara seseorang dapat menyatakan perasaan dan pikirannya. Pernyataan ini menjelaskan bahwa berbicara merupakan kegiatan ... .
       
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Benar. Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri.

34. Salah satu contoh konteks fisik yang berpengaruh terhadap kegiatan berbicara nonformal adalah ... .
       
A. peserta komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Benar. Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik seperti iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah peserta komunikasi.

35. Para pahlawan nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahid. Kata yang tepat untuk mengisi bagian yang kosong pada kalimat tersebut adalah ... .
       
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Benar. Kata yang tepat untuk para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya adalah ‘gugur’.

36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, karena ... .
       
A. dapat membantu pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan hubungan psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. dapat mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih fokus
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Benar. Pandangan mata dapat menumbuhkan hubungan psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.

37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara adalah ... .
       
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. berlatih
D. membuat simpulan
Benar. Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.

38. Isi bagian pembuka sebuah tulisan yang baik adalah ... .
       
A. pengantar menuju inti persoalan yang hendak disajikannya pada bagian isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Benar. Bagian pembuka sebuah tulisan yang baik akan berisi pengantar tentang apap yang akan dituangkan di dalam bagian isi.

39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif adalah memiliki bentuk yang sejajar, contohnya adalah ... .
       
A. Dia belajar dengan sungguh-sungguh agar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli bahan makanan, memasak, dan menyajikan makanan tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun masalah yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Benar. Kalimat tersebut contoh kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penggunaan kata berawalan/kata kerjanya).

40. Sebuah tulisan dikatakan baik jika kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi bingung dan dapat menimbulkan salah penafsiran, seperti contoh berikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas adalah ... .
       
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Benar. Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian.

41. Unsur-unsur bahasa berikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
       
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. semua kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Benar. Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain merupakan ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).

42. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek adalah bagian kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektiva. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
       
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Benar. Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara tentang predikat.

43. Predikat adalah bagian kallimat yang memberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektiva. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang digunakan dalam mengembangkan paragraf di atas adalah … .
       
A. secara alamiah
B. klimaks
C. perbandingan
D. sebab akibat
Benar. Paragraf tersebut dikembangkan dengan menggunakan teknik alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.

44. Indonesia merupakan satu-satunya negara paling aneh di dunia. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak dapat diukur oleh garpu tala. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat perilaku bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi senang sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf tersebut adalah pengembangan ... .
       
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. sebab akibat
Benar. Kalimat kedua dan seterusnya merupakan penjelasan berupa contoh-contoh tentang keanehan yang ada di Indonesia.

45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi gunung dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali mampu menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang digunakan dalam menyusun paragraf di atas adalah pengembangan ... .
       
A. deduktif
B. induktif
C. klimaks
D. antiklimaks
Benar. Kalimat pertama berisi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat berikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.

46. Membaca adalah kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
       
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah bagian inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok masalah atau tema tulisan
D. gaya yang digunakan penulis dalam tulisannya
Benar. Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan masalah yang diungkap dalam buku.

47. Abstrak adalah ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali ... .
       
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang digunakan lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya berisi masalah, tujuan, kesimpulan dan saran
D. riwayat hidup penulis
Benar. Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).

48. Resensi dapat diartikan sebagai ... .
       
A. tulisan dalam bentuk buku
B. tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang digunakan sebagai ilustrasi sebuah buku
D. lukisan/gambar yang digunakan sebagai sampul depan sebuah buku
Benar. Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan mengenai nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.

49. Resensi biasanya disusun dengan menggunakan pola sebagai berikut ... .
       
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Benar. Sistematika penulisan resensi pada umumnya menggunakan pola tersebut.

50. Teknik cuttingand glueing dalam pembuatan resensi adalah … .
       
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil bagian penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil bagian yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Benar. Bagian-bagian buku yang dipotong adalah bagian yang penting dan menarik, kemudian direkatkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
8 July 2020 at 17:09 delete

ingin menambah wawasan seputar hewan? Yuk cek di https://satriahewan.com

Reply
avatar