1. Ilmu Politik sering disebut sebagai ilmu pengetahuan sosial yang paling tua, alasannya karena pemikiran tentang negara dan pemerintahan dikembangkan pada masa...
A. kejayaan India | |
B. peradaban Yunani kuno | |
C. kejayaan Confucius | |
D. pencerahan di Eropa |
B, Jawaban Anda betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
2. Karya sastra seperti Kautilya, Prapanca atau Confusius disebut pula sebagai karya ilmu politik, alasannya adalah
A. karya sastra Kautilya, Prapanca atau Confusius merupakan legenda mitos | |
B. karya sastra Kautilya, Prapanca atau Confusius berisi tentang negara dan pemerintahan | |
C. karya sastra Kautilya, Prapanca atau Confusius bercerita tentang kedudukan manusia di alam semesta, tujuan hidup dan persyaratan untuk pencapaian tujuan tersebut. | |
D. karya sastra Kautilya, Prapanca atau Confusius bercerita tentang kedudukan manusia di alam semesta dan kedudukannya di dalam negara dan pemerintahan. |
C, Jawaban Anda betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
3. Studi tentang media massa disebut pula sebagai salah satu bidang kajian ilmu politik, alasannya adalah ...
A. Kajian media massa lebih menekankan pada berita di surat kabar | |
B. kajian media massa terkait dengan pengertian komunikasi politik | |
C. media massa mengkaji pembentukan pendapat umum dan partisipasi warganegara | |
D. Media massa memberitakan kegiatan politik negara dan pemerintahan |
C, Jawaban Anda betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
4. Aspek yang banyak terkait dengan masalah pembagian (distribution) politik adalah pembagian keputusan yang oleh Harold Lasswell dikenal dengan rumusan politik, yaitu...
A. Politik adalah keseluruhan interaksi pengaturan pembagian nilai-nilai secara otoritatif | |
B. Ilmu politik adalah kebijakan pemerintah, proses terbentuknya dan akibat-akibatnya | |
C. Kehidupan politik mencakup bermacam-macam kegiatan yang mempengaruhi cara untuk melaksanakan kebijakan tersebut. | |
D. Politik adalah masalah siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana |
D, Jawaban Anda betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
5. Politik adalah pembagian dan pengalokasian nilai-nilai secara mengikat. Yang dimaksud dengan nilai-nilai adalah....
A. keseluruhan interaksi pengaturan pembagian nilai-nilai secara otoritatif | |
B. kebijakan pemerintah, proses terbentuknya dan akibat-akibatnya | |
C. kegiatan yang mempengaruhi cara untuk melaksanakan kebijakan tersebut. | |
D. Sesuatu yang dianggap baik dan benar, yang diinginkan dan memiliki harga. |
D, Jawaban Anda betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
6. Dibandingkan dengan para filsuf Yunani kuno, maka sarjana politik modern mengkaitkan konsep politik dengan pengertian....
A. Masyarakat, negara, pemerintah, kekuasaan politik,legitimasi | |
B. Kebenaran, hukum dan keadilan | |
C. Pengetahuan alam semesta | |
D. Legenda mitos |
A, betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
7. Masyarakat merupakan sekelompok manusia yang hidup bersama dan bekerja sama untuk mencapai keinginan mereka bersama. Definisi dikemukakan oleh...
A. Robert Mc Iver | |
B. Harold J. Laski | |
C. Robert H. Soltau | |
D. Andrew Heywood |
B, betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
8. Konsep sistem politik dipergunakan untuk keperluan analisis. Untuk tujuan tersebut maka suatu sistem politik terdiri dari...
A. Proses yang terstruktur | |
B. Tuntutan dan dukungan | |
C. Input-process-output | |
D. Struktur dan fungsi politik |
C, betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
9. Dalam konsep sistem politik selalu akan ditemukan istilah proses, struktur dan fungsi. Contoh implementasi fungsi adalah ....
A. Proses yang terstruktur | |
B. Tuntutan dan dukungan | |
C. Input-process-output | |
D. Kebijakan-kebijakan umum |
D, betul, sesuai dengan Modul 1, KB1
10. Istilah demokrasi berasal dari kata demos yang artinya rakyat dan kratosadalah kekuasaan, artinya rakyat yang berkuasa. Konsep ini berasal dari. . .
A. abad pertengahan | |
B. Magna Charter | |
C. pemikiran Yunani kuno | |
D. studi dari UNESCO |
C, betul, sesuai dengan Modul 2, KB1
11. Untuk menjamin hak-hak politik rakyat adalah melalui konstitusi, yaitu . . .
A. Rule of law | |
B. Written constitution | |
C. Unwritten constitution | |
D. Written constitution dan unwritten constitution |
D, betul, sesuai dengan Modul 2, KB2
12.Gagasan vanguard democracy merupakan istilah dari perkembangan demokrasi di negara totaliter, artinya...
A. Pemerintahan tiran dengan mobilisasi massa | |
B. Partisipasi politik ditandai dengan mobilisasi massa. | |
C. Demokrasi terpimpin yang dilaksanakan oleh partai tunggal komunis | |
D. Penggabungan pemerintahan diktatorial dengan dukungan militer dan partai tunggal |
B, betul, sesuai dengan Modul 2, KB3
13. Tahap pertama menuju masyarakat komunis adalah masyarakat ‘sosialisme’. Gagasan ini pertama kali digunakan oleh...
A. Alexander Kerensky | |
B. Karl Marx | |
C. Trotsky. | |
D. Vladimir Lenin |
D, betul, sesuai dengan Modul 2, KB3
14. Pembahasan demokratis di Indonesia dapat dibagi ke dalam 4 (empat) kurun waktu, mulai dari sesudah kemerdekaan sampai dengan masa reformasi. Praktek-praktek demokrasi ditandai dengan ciri-ciri tertentu, di antaranya adalah ‘demi kestabilan politik maka mensahkan keseragaman dalam pelaksanaan pemilu akitivitas massa dan parlemen’. Praktek demokrasi ini merupakan ciri dari...
A. Demokrasi parlementer | |
B. Demokrasi Terpimpin | |
C. Demokrasi Pancasila | |
D. Masa Reformasi |
C, betul, sesuai dengan Modul 2, KB4
15.Konsepsi hak asasi manusia berawal untuk melindungi hak-hak rakyat dari tindakan penguasa yang otoriter. Pada awal perkembangannya di batasi oleh hak-hak politik, yaitu. . .
A. Hak kesetaraan di depan hokum | |
B. Hak-hak bangsawan | |
C. Kebebasan beragama | |
D. Hak asasi perempuan |
A, betul, sesuai dengan Modul 3, KB1
16. Hak untuk memperoleh kesempatan pendidikan dicantumkan dalam perjanjian tentang hak-hak ....
A. berserikat | |
B. sipil | |
C. politik | |
D. sosial |
D, betul, sesuai dengan Modul 3, KB1
17. Hak atas penghidupan yang layak di Indonesia untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja mengadopsi pernyataan sedunia dalam hal. . .
A. berkumpul dan berserikat | |
B. kenyamanan kondisi kerja | |
C. menyatakan pendapat | |
D melakukan kegiatan sosial |
B, betul, sesuai dengan Modul 3, KB2
18. Dalam sistem pemilu Indonesia maka diminta untuk memasukkan kuota 30% keanggotaan legislatif dalam UU Pemilu. Kenyataan ini merupakan...
A. affirmative action perjuangan perempuan | |
B. bagian dari masalah hak asasi sosial | |
C. hasil kesetaraan jender | |
D. privilese atau hak istimewa |
A, betul, sesuai dengan Modul 3, KB2
19. Analisa budaya politik dibangun dari orientasi baik di tingkat individu maupun di tingkat sistem. Almond menjelaskan bahwa orientasi pada tingkat individu dibedakan pada tiga bagian sikap individu terhadap objek politik, yaitu . . .
A. parachial, subjek dan partisipan | |
B. parachial, afektif dan partisipan | |
C. kognitif, afektif dan evaluative | |
D. kognitif, afektif dan partisipan |
C, betul, sesuai dengan Modul 4, KB1
20. Gagasan kewarganegaraan T.H. Marshall membahas kajian tentang kesadaran baru terhadap permasalahan kewarganegaraan, yaitu . . .
A. kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan bernegara | |
B. hak dan kewajiban Negara dan kewarganegaraannya | |
C. kemiskinan dan perbedaan kelas | |
D. ketidakadilan secara ekonomi |
B, betul, sesuai dengan Modul 4, KB2
21. Penyelenggaraan pemerintahan yang baik terkait dengan pengambilan atau pelaksanaan keputusan yang menekankan unsure proses. Hal ini dapat diterapkan pada institusi, kecuali . . .
A. birokrasi pemerintahan | |
B. individu | |
C. LSM | |
D. partai politik |
B, betul, sesuai dengan Modul 4, KB2
22. Sejak awal masa reformasi salah satu tuntutan adalah penyeleggara pemerintahan yang baik, diantara ciri-cirinya adalah . . .
A. input, proses, output | |
B. inout, proses, output dan hasil | |
C. partisipasi, akuntabilitas dan transparansi | |
D. partisipasi, akuntabilitas dan proses |
C, betul, sesuai dengan Modul 4, KB2
23. Dalam mempelajari budaya politik ada 2 kajian yang menyertai yaitu sosialisasi politik dan komunikasi politik. Alasannya adalah...
A. studi sosialisasi dan komunikasi politik mempelajari karakter bangsa | |
B. studi sosialisasi dan komunikasi politik merupakan kajian empirik dari fenomena budaya politik | |
C. studi budaya politik dipengaruhi oleh bidang ilmu yang berlatarbelakang psikologi dan antropologi | |
D. studi budaya politik menekankan pentingnya proses politik dari sistem politik |
B, betul, sesuai dengan Modul 4, KB3
24. Definisi partisipasi politik yang dikemukakan oleh Nie, Verba dan McClosky memiliki kesamaan dan masih terbatas pada kegiatan...
A. pemilihan pejabat politik | |
B. melakukan aktivitas politik secara sporadis dengan kekerasan | |
C. memilih penguasa atau pejabat negara dan mempengaruhi kebijakan umum | |
D. warganegara secara individu untuk mempengaruhi pembuat kebijakan |
C, betul, sesuai dengan Modul 5, KB1
25. Pengertian civil society berkembang pesat sejak abad ke-20. Menurut Cohen dan Arato ada dua hal utama yang mempengaruhi perkembangan kajian civil society, diantaranya adalah...
A. kritik terhadap bentuk alternatif untuk partisipasi politik | |
B. melakukan aktivitas politik secara sporadis dengan kekerasan | |
C. memilih penguasa atau pejabat negara dan mempengaruhi kebijakan umum | |
D. fokus utama partisipasi politik dilakukan tidak oleh negara tetapi oleh masyarakat |
D, betul, sesuai dengan Modul 5, KB1
26. Salah satu peran utama partai politik adalah sebagai penghubung antara rakyat dengan pemerintahan dengan cara...
A. Mengadakan kampanye politik | |
B. melakukan aktivitas politik secara sporadis dengan kekerasan | |
C. mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan melalui sistem perwakilan politik | |
D. memilih penguasa politik atau pejabat politik dan mempengaruhi pembuatan kebijakan |
C, betul, sesuai dengan Modul 5, KB2
27. Selain partai politik, ada beberapa sarana yang berfungsi pula sebagai penyalur aspirasi rakyat diantaranya disebut sebagai kelompok kepentingan. Yang membedakan kelompok kepentingan dengan partai politik adalah...
A. kelompok kepentingan melakukan aktivitas politik secara sporadis dengan kekerasan | |
B. kelompok kepentingan mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan melalui sistem perwakilan politik | |
C. kelompok kepentingan memilih penguasa politik atau pejabat politik dan mempengaruhi pembuatan kebijakan | |
D. kelompok kepentingan memperjuangkan sesuatu kepentingan tertentu dan terbatas pada anggotanya sendiri |
D, betul, sesuai dengan Modul 5, KB3
28. Salah satu fungsi partai politik adalah pengatur konflik dalam masyarakat. Fungsi ini terkait dengan...
A. komunikasi politik | |
B. menengahi konflik | |
C. pembuatan kebijakan | |
D. memperjuangkan kepentingan rakyat |
A, betul, sesuai dengan Modul 5, KB3
29. Pada masa pendudukan Jepang, partai politik dilarang dan hanya yang bergerak dibidang sosial yang diperbolehkan, diantaranya adalah...
A. Sarikat Dagang Islam | |
B. Sarikat Islam | |
C. Masyumi | |
D. NU |
C, betul, sesuai dengan Modul 5, KB4
30. Undang-undang Dasar hanyalah sebagian yang tertulis dari suatu konstitusi. Adapula konstitusi yang berasal dari kebiasaan-kebiasaan tidak tertulis yang disebut...
A. Konvensi | |
B. Living constitution | |
C. Bill of Rights | |
D. Magna Charta |
A, betul, sesuai dengan Modul 6, KB1
31. Pandangan yang menganut bahwa parlemen merupakan lembaga negara tertinggi yang boleh menafsirkan ketentuan konstitutional dan menjaga agar undang-undang atau peraturan lainnya sebenarnya meletakkan kedaulatan pada.....
A. Rakyat | |
B. negara | |
C. parlemen | |
D. partai politik |
A, betul, sesuai dengan Modul 6, KB1
32. Pandangan yang menganut bahwa harus ada pemisahan kekuasaan sesuai dengan tugas yang berbeda-beda pula dikemukakan awalnya oleh...
A. Edward Sait | |
B. L.Oppenheim | |
C. Montesquieu | |
D. C.F. Strong |
C, betul, sesuai dengan Modul 6, KB2
33. Pemikiran melakukan amandemen UUD 1945 telah lama dipikirka oleh para pakar. Namun baru pada masa reformasi amandemen dapat dilakukan. Dan yang paling utama dalam amandemen UUD 1945 dalam ketatanegaraan Indonesia adalah....
A. Pembatasan bentuk alternatif kedaulatan rakyat | |
B. pembatasan masa jabatan presiden paling lama 10 tahun | |
C. pembatasan parlemen dan partai politik | |
D. ditentukannya kuota 30% perempuan dalam parlemen |
B, betul, sesuai dengan Modul 6, KB3
34. Pemberlakukan otonomi daerah yang diundangkan untuk pertama kali dengan UU No.2 Tahun 1999 dimaksudkan untuk memberi kewenangan pada daerah di bidang pemerintahan daerah, namun sebenarnya memunculkan aspek negatif yaitu...
A. ada peningkatan partisipasi politik rakyat | |
B. adanya penambahan pemisahan kekuasaan antara pusat dan daerah | |
C. pemindahan kekuasaan yang otoritatif dan menciptakan penguasa daerah | |
D. kewenangan daerah merupakan sisa dari semua kewenangan pusat |
C, betul, sesuai dengan Modul 6, KB4
35. Ada sejumlah fungsi utama badan eksekutif yang harus dilaksanakan, diantaranya kecuali. . .
A. penegakan keadilan | |
B. pelaksanaan penerbitan umum | |
C. merencanakan rancangan undang-undang | |
D. memenjarakan pejabat birokrasi tanpa proses pengadilan |
D, betul, sesuai dengan Modul 7, KB1
36. Bentuk pemerintahan di Inggris dapat dikategorikan pada bentuk sistem pemerintahan parlementer. Oleh sebab kerajaan Inggris berfungsi sebagai. . .
A. mewakili kepentingan kaum aristokrat | |
B. mewakili kekuasaan kerajaan | |
C. simbol kerajaan | |
D. kepala Negara |
D, betul, sesuai dengan Modul 7, KB1
37. Dalam penerapan sistem pemerintahan semi presidensial, maka tujuan utamanya adalah....
A. agar ada pembatasan kekuasaan presiden | |
B. negara tetap memegang kedaulatan tertinggi | |
C. ada pembatasan jumlah partai politik oleh presiden | |
D. meminimalkan kelemahan sistem presidensial dan parlementer |
D, betul, sesuai dengan Modul 7, KB2
38. Pada masa pemerintahan Orde Baru, maka bentuk pemerintahan menganut sistem pemerintahan presidensial dengan pembagian kekuasaan diantara 3 lembaga, namun kenyataannya presiden memegang kewenangan tertinggi dalam ketatanegaraan. Perjalanan sejarah ini pernah dialami pada masa pemerintahan Orde Lama melalui...
A. Kabinet pembangunan I | |
B. Kabinet pembangunan II | |
C. Dekrit Presiden | |
D. Demokrasi Terpimpin |
C, betul, sesuai dengan Modul 7, KB3
39. Hambatan pelaksanaan ketatanegaraan di Indonesia di masa-masa lalu, karena sistem birokrasi terbukti dipengaruhi oleh kepentingan politik penguasa politik dengan diberlakukannya...
A. Monoloyalitas | |
B. sistem patron-client | |
C. Peraturan Pemerintahan dimana PNS tidak boleh berpolitik | |
D. Peraturan Pemerintahan dimana PNS dan TNI harus menjadi anggota Golkar |
A, betul, sesuai dengan Modul 7, KB3
40. Di negara-negara demokrasi, maka badan legislatif mempunyai fungsi menentukan kebijakan,membuat undang-undang dan.....
A. Mengawasi partisipasi politik rakyat dalam pemilihan umum | |
B. Mengontrol badan eksekutif dalam pelaksana ketatanegaraan | |
C. Membatasi kekuasan badan eksekutif | |
D. Menjadi badan pengawasan pemilu |
B, betul, sesuai dengan Modul 8, KB1
41. Volksraaddan Komite Nasional adalah badan legislatif yang pernah ada di masa sebelum kemerdekaan. Namun Komite Nasional lebih mencerminkan fungsi badan legislatif, alasannya adalah. . .
A. Komite Nasional adalah wujud dari dukungan rakyat pada perjuangan kemerdekaan | |
B. Komite Nasional adalah orang yang ditunjuk oleh pemerintahan Hindia-Belanda | |
C. Komite nasional telah banyak menyetujui rancangan undang-undang | |
D. Komite Nasional menampung aspirasi kaum pribumi |
C, betul, sesuai dengan Modul 8, KB2
42. Pada awal reformasi banyak sekali perubahan mekanisme badan legislatif karena terbukti menghambat optimalisasi fungsi badan legislatif. Hal-hal yang menghambat fungsi badan legislatif adalah mekanisme...
A. campur tangan partai politik | |
B. pembayaran iuran anggota | |
C. checks and balances | |
D. recalling oleh partai politik |
D, betul, sesuai dengan Modul 8, KB2
43. Pemilihan umum adalah mekanisme terpenting dalam sistem politik suatu negara, sekalipun di negara totaliter. Salah satu fungsi terpenting dari pelaksanaan pemilihan umum, adalah...
A. kegiatan mobilisasi | |
B. pelaksanaan kampanye | |
C. pembentukan partai politik | |
D. pengabsahan sistem politik suatu pemerintahan |
D, betul, sesuai dengan Modul 8, KB3
44. Disampingan kelemahan-kelemahan sistem distrik, ada pula keuntungannya yaitu...
A. ada kecendrungan pemenang hanya akan memeperhatikan distriknya | |
B. sistem distrik selain sederhana, juga murah dalam penyelenggaraan | |
C. sistem memperhitungkan adanya partai-partai kecil | |
D. tidak efektif untuk masyarakat heterogen |
B, betul, sesuai dengan Modul 8, KB3
45.Dalam pemilu 2004, diberlakukan system proposional dengan daftar terbuka. Tujuan adalah mendekati wakil rakyat dengan pemilihnya, artinya . . .
A. pemilih mencoblos lambang partai politik | |
B. pemilih mencontreng lambang partai politik | |
C. pemilih memiliki dua pilihan, mencoblos lambang partai dan calon wakil rakyat | |
D. pemilih memiliki dua pilihan, mencontreng calon wakil rakyat sekaligus calon presiden |
C, betul, sesuai dengan Modul 8, KB3
46. Di dalam negara yang menganut paham rule of law, maka badan yudikatif harus . . .
A. bersifat independen | |
B. memiliki kompetensi | |
C. bertanggungjawab badan legislative | |
D. bekerjasama dengan 3 badan lainnya |
A, betul, sesuai dengan Modul 9, KB1
47. Pemikiran pokok yang menjadi landasan bahwa badan yudikatif harus dijamin kebebasannya adalah . . .
A. adanya pembagian kekuasaan | |
B. terjamin pemisahan kekuasaan | |
C. demi terjaminnya hak asasi manusia | |
D. kekuasaan kehakiman tanpa batas |
C, betul, sesuai dengan Modul 9, KB1
48. Walaupun dalam UUD 1945 menentukan kekuasaan kehakiman yang bebas, namun pada masa demokrasi terpimpin telah terjadi penyimpangan, yaitu . . .
A. keberadaan badan yudikatif tidak sesuai dengan hokum nasional Indonesia | |
B. pemisahan kekuasaan tiga lembaga merupakan pemikiran demokrasi liberal | |
C. badan pengadilan bebas menguji undang-undang di bawah UUD 1945 | |
D. presiden dapat campurtangan dalam soal pengadilan demi kepentingan revolusi |
D, betul, sesuai dengan Modul 9, KB2
49. Pada masa Orde baru, UU No. 9 tahun 1964 yang menjadi landasan ketentuan pokok kekuasaan kehakiman pada masa demokrasi terpimpin diganti dengan UU No. 14 tahun 1970 tentang ketentuan-ketentuan pokok kekuasaan kehakiman namun dalam pelaksanaan system politik, keduanya memiliki kesamaan bahwa badan yudikatif . . .
A. memiliki wewenang uji materiil | |
B. tidak diberi wewenang uji materiil | |
C. terpisah kekuasaannya dari lembaga eksekutif dan legislative | |
D. menyatu dengan lembaga eksekutif dan legislatif |
B, betul, sesuai dengan Modul 9, KB2
50. Dalam pelaksanaan system ketatanegaraan, Indonesia tidak mengenal asas judicial review, dan setelah dilakukan amandemen Undang-undang Dasar 1945, maka wewenang judicial review tersebut dimiliki oleh Mahkamah Konstitusi yang sejak tahun 2003 telah menuntaskan terhadap . . .
A. perkara mengenai pelaksanaan pra dan pasca pemilu | |
B. perkara kehormatan, martabat dan perilaku hakim | |
C. perkara hasi; pemilihan calon wakil rakyat | |
D. perkara hasil pemilhan presiden dan wakil presiden |
A, betul, sesuai dengan Modul 9, KB2
3 komentar
Write komentartrimakasih, min
ReplyKak bisa di copy gak?
ReplyIlmuwan politik mampu mencapai generalisasi yang paling tinggi derajatnya. Merupakan pengertian dari....... *
ReplyEmoticonEmoticon