Rangkuman Humas 1


HUBUNGAN MASYARAKAT

PENGERTIAN DASAR HUBUNGAN MASYARAKAT
KB 1 PENGERTIAN2 DASAR HUBUNGAN MASTARAKAT
·  Menurut Grunig, humas adalah kegiatan manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dengan berbagai macam publiknya (the management of communications between an organizationand its publics)
·  Ada 4 fokus utama dlm kajian humas: manajemen, komunikasi, organisasi, dan public
1. Komunikasi →Pembahasan ke-humas-an merupakan bagian dari kajian ilmu komunikasi, karena semua kegiatan yang menjadi pokok dari humas adalah komunikasi, khususnya komunikasi organisasi. Humas adalah bagian dari kajian ilmu komunikasi oleh karenanya humas akan selalu dipandang dari perspektif induk ilmunya yaitu berkomunikasi.
2. Publik
·     Johnston dan Zawawi mendefenisikan dengan sederhana yaitu sekelompok orang yang memiliki kepentingan atau kepedulian yang sama (any groups of people who share interests or concerns).
·      Seorang sosiolog; John Dewey mencirikan publik dengan :a. Ada permasalahan yang dihadapi bersama   b. Permasalahan tersebut benar-benar ada dan harus diselesaikan    c. Mengorganisir diri untuk melakukan sesuatu serta mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi
·     Dari pengertian tersebut tampak bahwa publik memiliki arti yang lebih sempit jika dibandingkan dengan pengertian masyarakat. Oleh karenanya menerjemahkan Public Relations menjadi Hubungan Masyarakat kurang tepat, karena keduanya mempunyai konsep yang berbeda.
·     Selanjutnya mucullah Opini Publik. Keberadaan opini publik yang terorganisir dengan baik, dapat mempengaruhi kebijakan sebuah organisasi dalam mengambil keputusan. Sehingga opini publik dapat memberikan keuntungan ataupun kerugian bagi organisasi itu sendiri.
3. Manajemen
·     Menurut Cutlip, Center dan Brom menyatakan bahwa dilihat dari fungsi manajemen, kegiatan kehumasan bertugas untuk (1) mengevaluasi sikap dan opini publik, (2) megidentifikasi serta menyesuaikan kebijakan-kebijakan organisasi dengan kepentingan publik, serta (3) merencanakan dan melaksanakan program-program humas agar organisasi dapat mencapai saling pengertian serta diterima keberadaanya oleh publik.
4.  Organisasi
·     Don Barnes, menyatakan bahwa dalam organisasi humas berfungsi untuk (1) memberikan saran pada pihak manajemen mengenai kebijakan dan kaitannya dengan publik, (2) mengkoordinir kegiatan komunikasi organisasi, (3) melakukan upaya-upaya untuk menjalin hubungan antara organisasi dan publik, dan (4) mencari informasi mengenai opini publik terhadap organisasi.
·     Sehingga disimpulkan bahwa kegiatan kehumasan yang utama adalah merencanakan serta mengelola dengan baik semua kegiatan komunikasi organisasi untuk menjalin hubungan timbal balik yang positif antara organisasi dan publiknya.
·     Selain itu, fungsi dasar humas dapat dipersempit bahwa (1) Humas sebagai penyampai informasi dari organisasi ke publiknya, dan (2) humas sebagai pencari informasi dari publik untuk organsiasinya.
KB 2 PERKEMBANGAN HUMAS DARI MANIPULATIF KE MUTUAL UNDERSTANDING
·  Profesi humas pertama kali muncul skitar 1830an di AS dengan munculnya era press agentry.  Era ini dikenal sebagai era dimana praktek humas dipakai secara negatif, sebuah era manipulatif. Komunikasi digunakan masih bersifat satu arah (one way communication). Press agent yg terkenal adl P.T. Barnum
·  Tahap berikutnya Public Information → masih bersifat satu arah
·  Tahap ke 3, era humas dua arah asimetris, hubungan yang ada telah mengenal feedback dari publik ke organisasi, namun umpan balik tersebut hanya untuk keuntungan organisasi.
·   Pada akhirnya, humas harus menjadi hubungan dua arah yang simetris (two-way symtrical model), yaitu hubungan yang terjalin dengan baik antara kedua belah pihak yang saling mempunyai umpan balik, sebagai keuntungan bersama-sama, baik organisasi maupun publik.

KB 3 HUBUNGAN HUMAS DG PEMASARAN , PERIKLANAN, PUBLISITAS, DAN PROPAGANDA
·  Perbedaan humas dan pemasaran yaitu dlm hal kegiatan yg dilakukan, serta org2 yg mnjdi public humas maupun pemasaran: 1. Pemasaran biasanya berhubungan dg penjualan dan pembelian barang dan jasa   2. Pemasaran utk mendapatkan keuntungan/profit motive; sedangkan humas tdk semata2  3. Pemasaran biasanya menangani satu macam public sj yaitu konsumen, sdangkan humas berbagai macam public
·  Iklan → metode komunikasi yg bs dikontrol hasil dan dampaknya ol mrk yg beriklan ( Johson dan Zawawi); sedangkan humas selain menggunakan metode yg trkontrol spt iklan, jga mengandalkan metode yg tdk terkontrol yg lbh bnyk digunakn. Salh satu yg tdk terkontrol→publisitas
·  Publisitas → Cutlip, Center dan Brom sbg informasi yg berasal dr pihak luar yg gunakan ol media massa berdasar nilai berita yg dimiliki ol informasi tsb
·  Propaganda pertama kali diistilahkan th 1622 ol gereja katolik → yaitu kegiatan penyeragaman pesan yg hny bisa terjadi pd Negara otoriter

DIMENSI HISTORIS PRAKTEK HUMAS
KB 1 GEJALA HUMAS DLM KEHIDUPAN MANUSIA
·  Gejala humas→ hub didasari slg percaya, slg membutuhkan, dan slg memahami
·  Newson, Turk &Kruckkerberg menyebutkan bhwa hasil karya seni spt pyramid, candi, prasasti2, merup bentuk media komunikasi persuasive public saat it
·  Puncak kejayaan Romawi pd masa pem Julius Caesar opini berkembang pesat a.l. muncul ahli pidato Cicero, surat kabar pertama, &berbagai prasasti
·  Perkembanagn humas stlh revolusi industry → di daratn Amerika ad 3 periode (Baskin& Aronoff) :
1. Manipulation period, humas sbg press agent
2. Information period, humas sbg alat penyampai informasi kpd public. Seorg praktisi humas Ivy Ledbetter Lee sbg The father or public relations,
3. Mutual influence and understanding period, humas berperan dlm membangun hubu yg slg mempengaruhi &slg memahami

KB 2 PERKEMBANGAN HUMAS DI ASIA DAN INDONESIA
·  Perkembangn humas di Cina yg di bwh pemerintahan komunis, humas bersifat satu arah
·  Di India, humas lbh berkembang krn system politik yg demokratis
·  Di Indonesia humas sngt dipengaruhi ol factor politik dan budaya

KB 3 FAKTOR2 YG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PRAKTIK HUMAS
·  Menurut Vercic, Grunic dan Grunic dalam Sriramesh (2004) perkembangan humas dipengaruhi oleh variabel lingkungan negara masing-masing yaitu ideologi,sistem ekonomi, budaya dan sistem media.
·  Faktor2 yg mendorong perkembanagn humas:
1. Demokratisasi kehid politik
2. Industrialisasi
3. Perkembangn teknologi informasi
4. Privatisasi dan liberalisasi perekonomian
5. Penerapan good governance


KEDUDUKAN DAN PERAN HUMAS DALAM ORGANISASI
KB 1 ORGANISASI SBG SEBUAH SISTEM
·  Menurut Grunig dan Hunt, sebuah system terdiri atas aspek2 sbb:
1. Environment (lingkungan)
2. Boundary ( pembatas)
3. Input (masukan)
4. Output (keluaran)
5. Throughput
6. Feed back (umpan balik)
·  worldview  menurut Kearney seorg antropolog adl ….a set of images or assumpsions about the world. Sedangkan Kuhn, … a paradigm that stands for the entire consteallation of beliefs, values, techniques, and so on shared by the member of a given community
·  Worldview adl semacam paradigm yg dianut ol suatu masyarakt
·  Menurut Grunig, ada 2 worldview yaitu
1. Asymmetrical Worldview  : internal orientation, closed system, Efficiency, elitism, conservatism, tradition, central authority
2. Symmetrical Worldview : interdependence, moving equilibrium, equity, autonomy, innovation, decentralization of management, responsibility, dan conflict resolution

KB 2 KEDUDUKAN HUMAS DALAM STRUKTUR ORGANISASI
·  Keberadaan humas dlm organisasi bisa dilihat scr structural dan fungsional, atau sbg state of being  dan method of communications
·  Faftor yg mempengaruhi keberadaan humas dlm organisasi: 1. Besar kecilnya organisasi  2. Kemauan pimpinan
·  Peranan humas dlm organisasi : 1. Sbg teknisi  2. Sbg manajer, kemudian dibedakan lgi menjadi 3 jenis peran manajemen: 1. Expert preciber  2. Communication fasilitor   3. Problem solving process facilitator. Di tingkat menengah ada 2: 1. Media relation role  2. Communication and liason role
·  Sebagai manajer humas berperan sebagai :
1. Expert preciber (ahli atau penasehat manajemen)→Praktisi humas dianggap sebagai seorang ahli yang bisa memberi solusi bagi permasalahan humas sebu
2. Communications facilitator →Praktisi humas bertindak sebagai perantara, penghubung, penerjemah serta mediator, menjaga terwujudnya komunikasi dua arah antara organisasi dan publiknya.
3. Problem solving process facilitator →dilibatkan dalam memecahkan masalah organisasi, meskipun peranannya masih dalam koridor komunikasi.
·  Sedangkan Dozier mengidentifikasi dua peran tingkat menengah, yaitu :
1. Media relations role. Tugas praktisi humas memastikan media selalu mendapat informasi dari organisasi apa saja yang dibutuhkan &dikhawatirkan media.
2. Communication and laison role. Humas bertugas sebagai perwakilan dari organisai dalam kegiatan-kegiatan untuk menciptakan peluang berkomunikasi antara organisasi dan publiknya.

KB 3 HUBUNGAN KERJA HUMAS DGN BAGIAN LAIN DALAM ORGANISASI
·  Tujuan kerja bagian SDM : rekrutmen pegawai baru, pelaksanaan pension pgawai dan PHK yg rasional, mutasi dan promosi jabatan yg adil, pengembangan ketrampilan dan pelatihan
·  Kerja bagian hokum meliputi kontrak kerja, kontrak kerjasama, membuat tata aturan, mengontrol persoalan2 organisasi dr aspek pelanggaran undang2&hkum
·  Thomas Harris adl salah satu cth org marketing yg melihat peluang kolaborasi humas dg marketing ked lm suatu konsep

Artikel Terkait

Previous
Next Post »