Soal Latihan Mandiri Public Speaking

Soal Latihan Mandiri  Public Speaking
 
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR   1  SAMPAI  DENGAN 27 ,  PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!

1. Pengertian retorika secara luas adalah ....
A. seni berbicara di depan umum
B. penggunaan bahasa, baik secara lisan maupun tulisan
C. menyampaikan pesan kepada sejumlah khalayak
D. kemampuan memperindah tutur kata

2. Pada jaman Yunani, retorika pada awalnya digunakan dengan tujuan untuk ....   
A. membujuk rakyat demi kemenangan
B. meningkatkan jiwa seni seseorang
C. menyampaikan nilai-nilai kebenaran kepada orang lain
D. meningkatkan kharisma seorang orator
   

3. Aliran retorika pada jaman modern yang sangat mengutamakan keindahan bahasa dan segi estetika pesan adalah aliran ....
A. epistemologis
B. elokusionis
C. belles letters
D. perfeksionis

4. “Kaum sophist” pada masa perkembangan retorika di jaman Yunani berkonotasi negatif, karena mereka diidentikkan dengan para ....
A. agitator yang menipu orang lain dengan menggunakan argumen-argumen tidak sah
B. pemimpin yang mampu memutar balik fakta demi pencapaian tujuannya
C. pedagang yang bertujuan mencari keuntungan sebesar mungkin dengan menipu pembelinya
D. seniman yang menjual omongannya untuk memperdaya rakyat kecil

5. “Semantic factor” merupakan salah satu hambatan dalam public speaking yang berhubungan dengan ....
A. suara
B. pemakaian kata/istilah
C. kepentingan komunikan
D. prasangka komunikan

6. Retorika aksi sebagai salah satu jenis retorika persuasif bertujuan untuk ....
A. membantah ide yang diyakini orang lain
B. mendorong audiens memberikan tanggapan terhadap retorika yang diterima
C. meyakini audiens akan isi pesan yang disampaikan
D. mengubah pikiran khalayak terhadap suatu isu melalui logika

7. Metode persuasi yang dilakukan dengan cara menggambarkan situasi dengan mengguna-kan bahasa perbandingan disebut metode ....
A. analogi
B. generalisasi
C. asosiasi
D. identifikasi

8. Perspektif behavioristik menekankan pengerti-an komunikasi pada....
A.    pengiriman dan penerimaan pesan yang saling merespon
B.    hubungan antara rangsangan seseorang dan respon orang lain terhadapnya
C.    keaktifan individu yang terlibat dalam kegiatan komunikasi
D.    transfer informasi dari komunikator kepada komunikan

9.    Inferential feedback, sebagai salah satu komponen komunikasi, memiliki arti sebagai umpan balik yang ....
A.    disimpulkan sendiri oleh komunikator
B.    tidak dapat dimengerti oleh komunikator
C.    tidak ada relevansinya dengan pesan komunikator
D.    sesuai dengan harapan komunikator

10.    Teori komunikasi antarpribadi yang memberikan penekanan pada faktor yang menyebabkan seseorang berprilaku tertentu adalah teori ....
A.    self-disclosure
B.    penetrasi sosial
C.    pandangan proses
D.    atribusi

11.    Fungsi komunikasi nonverbal adalah sebagai berikut ....
A.    menambah rasa percaya diri
B.    menggantikan pesan verbal
C.    mengubah makna pesan
D.    melemahkan pesan verbal

12.    Studi yang mempelajari bagaimana manusia berkomunikasi melalui penggunaan waktu disebut dengan ....
A.    kronemik
B.    orientasi
C.    spasial
D.    temporal

13.    Haptika dalam komunikasi nonverbal memiliki makna sebagai ....
A.    pemanfaatan objek fisik dalam komuni-kasi nonverbal
B.    kajian tentang penggunaan sentuhan dalam berkomunikasi
C.    penggunaan gerakan tubuh dalam berkomunikasi
D.    kajian fenomena vokal dalam berkomunikasi

14.    Emblem, ilustrasi, adaptor, regulator, dan affect display merupakan elemen-elemen yang dikaji dalam studi ....
A.    paralinguistik
B.    proksemik
C.    monokronik
D.    kinesik

15.    Isi pesan dalam komunikasi antarpribadi sebaiknya dirancang dengan cara ....
A.    menggunakan lambang-lambang yang dipersepsikan sama oleh komunikator dan komunikan
B.    membangkitkan kebutuhan komunikator
C.    mengutamakan kepribadian komunikator
D.    menggunakan saluran komunikasi sebanyak mungkin

16.    Logos seorang komunikator akan tercermin dari ....
A.    pola pikirnya
B.    gaya pengucapannya
C.    pemilihan katanya
D.    daya tarik fisiknya
17.    Exageration merupakan salah satu teknik humor yang dapat digunakan dalam melakukan presentasi dengan cara ....
A.    meniru suatu karya serius dengan cara lucu
B.    menggunakan kata-kata untuk menyampaikan makna yang bertentangan
C.    melebihkan sesuatu secara tidak proporsional
D.    memperlakukan hal-hal serius secara seenaknya, dan sebaiknya

18.    Model komunikasi massa yang menggambarkan keaktifan dan keselektifan khalayak dalam memilih pesan yang akan diterimanya adalah model ....
A.    Uses and Gratification
B.    Jarum Hipodermik
C.    Agenda Setting
D.    Difusi Inovasi

19.    Contoh efek behavior yang terjadi pada diri khalayak adalah ....
A.    perubahan persepsi positif masyarakat terhadap POLRI
B.    bertambahnya pengetahuan khalayak mengenai bahaya narkoba
C.    meningkatnya jumlah akseptor Keluarga Berencana (KB)
D.    menjadi sedih setelah melihat siaran TV tentang bencana alam

20.    Karakteristk media massa adalah ....
A.    produksinya bersifat terbatas
B.    simultan/serentak diterima oleh audiens
C.    informasinya bersifat sangat spesifik
D.    penyajian bersifat homogen

21.    Konsep massa menurut Le Bon ditunjukkan dengan sifat anggotanya yang ....
A.    modern
B.    sangat rasional
C.    mudah tersinggung
D.    sulit digerakkan

22.    Ada beberapa jenis kerumunan. Penyelenggaraan pesta resepsi pernikahan termasuk dalam jenis kerumunan ....
A.    planned expressive group
B.    inconvenient aggregations
C.    panic crowd
D.    spectator crowd

23.    Karakteristik psikologis kelompok adalah ....
A.    tidak adanya saling ketergantungan nasib
B.    adanya rasa saling terikat di antara anggota-anggotanya
C.    umumnya tidak terstruktur secara organisatoris
D.    tidak ada pemimpin kelompok

24.    Lokasi geografis, suku bangsa, ideologi, profesi, bahasa, status sosial, dan kekerabatan merupakan batasan kategori kelompok menjadi  ....
A.    primer dan sekunder
B.    ingroup dan outgroup
C.    keanggotaan dan rujukan
D.    deskriptif dan preskriptif

25.    Kekuatan yang mendorong anggota tetap tinggal dalam kelompok disebut ....
A.    kohesi kelompok
B.    solidaritas kelompok
C.    orientasi kelompok
D.    prestasi kelompok

26.    Ketika kita berpidato, metode yang dapat dilakukan terhadap audiens yang minim perhatian adalah dengan cara  ....
A.    mengawali pidato dengan hal-hal yang bersifat umum
B.    memberikan penjelasan yang logis
C.    menghubungkan topik pembicaraan dengan kebutuhan audiens
D.    menanggapi respon audiens secara langsung

27.    Ada beberapa jenis material pendukung kegiatan presentasi. Kesaksian seorang ahli yang berkompeten di suatu bidang termasuk material pendukung presentasi jenis  ....
A.    alat bantu penjelas
B.    argumen
C.    pendekatan motivasional
D.    kredibilitas

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR  28   SAMPAI   40,   PILIHLAH:
A.    JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.    JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.    JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.    JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
   
28.    Yang termasuk Lima Hukum Retorika (The Five Canons of Rhetoric) menurut Aristoteles antara lain sebagai berikut ....
1)    invention (penemuan)
2)    elocution (gaya)
3)    pronuntiatio (penyampaian)

29.    Teknik persuasi dengan pemberian punishment and reward dikenal dengan teknik ....
1)    Red herring
2)    Pay off idea
3)    Fear arousing

30.    Ciri-ciri model komunikasi satu tingkat adalah ....
1)    media dianggap tidak memiliki kekuatan
2)    pesan dipengaruhi oleh aspek penam-pilan, penerimaan, dan daya ingat yang selektif
3)    terjadi efek (feedback) yang berbeda untuk setiap komunikan

31.    Teori komunikasi relasional yang dikembang-kan oleh Schramm memiliki asumsi dasar ....
1)    komunikan bersifat aktif dalam proses komunikasi
2)    komunikasi seperti proses juai-beli di pasar di mana komunikan selektif terhadap pesan yang diterimanya
3)    pesan komunikasi seperti peluru yang ditembakkan ke komunikan

32.    Sifat-sifat komunikasi publik adalah sebagai berikut  ....
1)    topik pembicaraan biasanya merupakan masalah-masalah sosial
2)    masalah yang diangkat bersifat tidak terstruktur
3)    melibatkan norma prilaku yang relatif jelas

33.    Rambu-rambu penggunaan bahasa lisan dalam pidato antara lain  ....
1)    hemat dalam penggunaan kata-kata
2)    gunakan kata-kata kilse
3)    jangan menggunakan eufemisme yang berlebihan

34.    Ciri-ciri komunikasi antarpribadi menurut Rogers adalah ....
1)    arus pesan cenderung bersifat dua arah
2)    tingkat umpan balik relatif tinggi
3)    kecepatan jangkauan terhadap audiens yang besar relatif lambat

35.    Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita memberikan umpan balik pada kegiatan komunikasi antarpribadi adalah bahwa umpan balik harus ....
1)    ditekankan pada kepribadian komunikan
2)    diungkapkan dalam bentuk deskripsi
3)    diberikan sesegera mungkin

36.    Dampak negatif internet di antaranya adalah ....
1)    meningkatkan sifat individualis masyarakat
2)    kerap digunakan sebagai ajang penipuan terselubung
3)    dimanfaatkan sebagai media iklan

37.    Ciri-ciri khalayak public speaking yang membedakan dengan massa, publik, atau pun kerumunan adalah ....
1)    merupakan kumpulan masyarakat dalam bentuk yang relatif besar
2)    memiliki tujuan khusus
3)    bertemu pada tempat dan waktu yang sama

38.    Syarat topik yang baik adalah ....
1)    bermanfaat dan berisi masalah-masalah pokok
2)    memiliki ruang lingkup yang luas
3)    tepat pembicara, tepat sasaran, dan tepat situasi

39.    Fungsi tesis dalam pembuatan naskah pidato adalah sebagai ....
1)    fokus perhatian audiens
2)    konklusi isi pidato
3)    pembangunan ide utama

40.    Tip yang dapat dilakukan dalam mengatasi kecemasan saat akan melakukan presentasi antara lain adalah ....
1)    menghindari kontak mata dengan audiens
2)    menganggap audiens sebagai kawan, bukan lawan
3)    menghapal kalimat pertama dan terakhir

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar