Soal Latihan Mandiri Sosiologi Komunikasi Massa
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI 22, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Dalam komunikasi kelompok, anggota-anggota yang terlibat saling mempengaruhi satu sama lain, bahkan pada derajat tertentu mereka juga saling mengontrol atau mengendalikan. Hal ini sesuai dengan sifat esensial dari komunikasi kelompok yaitu ….
A. interdependensi.
B. dinamik.
C. kompleks.
D. sistemik.
2. Jika khalayak sasaran bersifat luas, heterogen dan anonim, maka jenis komunikasi yang dilancarkan adalah ….
A. komunikasi intrapribadi.
B. komunikasi antarpribadi.
C. komunikasi kelompok.
D. komunikasi massa.
3. Ahli yang mengusulkan agar sistem komunikasi massa dilihat sebagai suatu sistem sosial yang khas (distink) adalah ….
A. Mc Quail.
B. Riley dan Riley.
C. Parson dan White.
D. Shannon.
4. Adanya media massa mendorong terbentuknya suatu khalayak yang bersifat “mass”. Pendapat tersebut dikemukakan oleh teori yang mengupas kajian sosiologis mengenai komunikasi massa yaitu ….
A. teori masyarakat massa.
B. pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa.
C. teori penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa.
D. teori sosiologi komunikasi massa.
5. Perubahan struktural dalam sistem komunikasi massa yang menyangkut perluasan, penganekaan, dan peningkatan dari media massa merupakan masalah-masalah yang dibahas dalam ….
A. teori masyarakat massa.
B. pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa.
C. penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa.
D. teori sosiologi komunikasi massa.
6. Dalam komunikasi massa, baik komunikator maupun khalayak sasaran merupakan individu-individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Konsep tersebut dikemukakan dalam ….
A. teori masyarakat massa.
B. pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa.
C. teori sosiologi komunikasi massa.
D. penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa.
7. Untuk mengetahui seberapa jauh pesan-pesan yang disampaikan melalui media massa dapat berperan dalam kehidupan sehari-hari anggota masyarakat, maka pendekatan yang cocok digunakan adalah pendekatan analisis ….
A. isi.
B. fungsional.
C. institusional.
D. organisasional.
8. Jika seorang peneliti ingin memperoleh gambaran tentang kondisi kehidupan kerukunan antarumat beragama di Indonesia yaitu dengan cara meneliti atau menganalisis pesan-pesan yang berkaitan dengan hal tersebut dalam media surat kabar, maka teknik yang cocok digunakan adalah teknik analisis ….
A. isi.
B. institusional.
C. organisasional.
D. pesan.
9. Masalah komunikasi massa yang berkaitan dengan belum jelasnya pembagian tugas wewenang dan tanggung jawab dari para pekerja yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatannya dapat dikaji dengan melakukan pendekatan analisis ….
A. isi.
B. institusional.
C. fungsional.
D.organisasional.
10. Bagi seorang pengusaha, berita mengenai perkembangan ekonomi dan politik di media massa dirasakan sebagai hal yang sangat penting dan berguna untuk kelangsungan mata pencahariannya. Bagi pengusaha, berita tersebut berfungsi sebagai ….
A. pengetis informasi
B. instrumental.
C. pemberi status.
D. peringatan.
11. A adalah seorang ahli dalam bidang ekonomi yang tadinya hanya dikenal sebatas kampus tempat dia mengajar. Tetapi setelah pemikirannya yang tajam tentang situasi perekonomian Indonesia dewasa ini dimuat di berbagai media massa, namanya menjadi terkenal dan sering diminta untuk menjadi pembicara di seminar-seminar.
Bagi A, pemberitaan dirinya melalui media massa tersebut berfungsi sebagai ….
A. instrumental.
B. warning.
C. ethicizing.
D. status conferral.
12. Ketika media massa memberitakan tentang mie instan merk A mengandung racun dan sudah memakan korban jiwa, maka berita pada media massa tersebut mengandung disfungsi bagi masyarakat berupa ….
A. menyebabkan panik.
B. terancamnya stabilitas.
C. menimbulkan rasa gelisah.
D. menimbulkan apatisme.
13. Jika media massa memberitakan kejadian tentang seseorang yang melanggar hukum dengan maksud agar masyarakat menjadi mengerti bahwa perbuatan itu adalah perbuatan yang salah dan harus dihindari, maka bagi masyarakat berita tersebut berfungsi ….
A. instrumental.
B. warning.
C. ethicizing.
D. status conferral.
14. Bagi masyarakat, fungsi pewarisan budaya dari komunikasi massa dapat berubah menjadi disfungsi, yaitu berupa ….
A. deporsonalisasi dalam sosialisasi.
B. berkembangnya masyarakat “massa”.
C. meningkatkan kepasifan.
D. merendahkan selera.
15. De Fleur menyebutkan komponen penting dari sistem sosial komunikasi massa adalah ….
A. komunikator.
B. khalayak.
C. media.
D. sumber.
16. Sebagai sebuah sistem, komunikasi massa harus dilihat sebagai kesatuan yang mencakup semua interaksi antara sesama unsur. Hal tersebut menunjukkan bahwa komunikasi massa mempunyai ciri yaitu ….
A. interdependensi.
B. boundary.
C. kekomprehensifan.
D. sistematik.
17. Aktivitas komunikasi massa dapat disebut sebagai suatu sistem jika semua unsur-unsur yang terlibat dapat berfungsi sesuai dengan perannya masing-masing. Jika hal tersebut terpenuhi, maka komunikasi massa mempunyai ciri ….
A. sistematik.
B. komprehensif.
C. interdependensi.
D. boundary.
18. Reading (1977) merumuskan pengertian sistem sosial sebagai ….
A. suatu sistem dari elemen-elemen sosial.
B. dua orang atau lebih individu yang melakukan interaksi secara langsung atau tidak langsung didalam suatu situasi kebersamaan.
C. suatu rangkaian atau tatanan yang teratur.
D. segala rangkaian elemen-elemen yang saling berkaitan.
19. Di bawah ini adalah pernyataan yang keliru mengenai pranata atau institusi sosial, adalah ….
A. institusi sosial merupakan sistem-sistem sosial.
B. institusi sosial berguna sebagai alat pengamatan masyarakat.
C. institusi sosial merupakan bagian-bagian yang pokok dari kebudayaan suatu masyarakat.
D. institusi sosial adalah satu-satunya organisasi sosial yang ada dalam suatu masyarakat.
20. Pada masyarakat A, tidak dikenal adanya perkumpulan olah raga golf karena olah raga tersebut belum dianggap sebagai suatu kebutuhan. Keadaan di masyarakat A tersebut memperlihatkan bahwa ….
A. keberadaan dari jenis wadah pranata sosial ditentukan oleh akumulasi budaya.
B. institusi sosial ditentukan oleh sistem kemasyarakatan.
C. institusi sosial adalah alat pengamatan masyarakat.
D. institusi sosial adalah bagian-bagian pokok dari kebudayaan suatu masyarakat.
21. Fungsi social control yang dilakukan oleh media massa sangat ditentukan oleh faktor ….
A. jenis media massa yang digunakan.
B. seberapa besar jangkauan dari media massa yang digunakan.
C. tingkat integritas media massa dalam penilaian khalayak sasaran.
D. seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh lembaga media massa.
22. Penayangan foto koruptor di layar televisi merupakan pelaksanaan pengendalian sosial oleh media massa dengan cara ….
A. mempertebal keyakinan anggota masyarakat akan kebaikan norma-norma kemasyarakatan yang ada.
B. memberikan penghargaan kepada anggota masyarakat yang taat pada norma-norma kemasyarakatan.
C. menciptakan rasa takut dan rasa malu untuk melanggar norma-norma dan nilai yang berlaku.
D. membantu mengumpulkan dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam perumusan suatu ketentuan hukum serta aturan yang menyangkut perilaku masyarakat.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 23 SAMPAI 30, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
23. Keheterogenan khalayak merupakan ciri yang penting dari proses komunikasi massa.
sebab
Informasi yang disebarluaskan melalui komunikasi massa memang ditujukan untuk siapa saja yang dapat menerimanya.
24. Keterkaitan aktivitas komunikasi dengan sistem kemasyarakatan terlihat pada struktur sosial perilaku komunikasi yang berlaku pada setiap masyarakat.
sebab
Keterkaitan komunikasi dengan masyarakat tampak pada sejumlah faktor sosial yang mempengaruhi cara-cara dan sarana komunikasi pada masyarakat tersebut.
25. Analisis isi adalah teknik penelitian untuk memperoleh gambaran isi pesan komunikasi massa yang dilakukan secara objektif, sistematik, dan relevan secara sosiologis.
sebab
Cara pengukuran dalam analisis isi dapat bersifat kuantitatif, kualitatif, ataupun keduanya.
26. Analisis institusional adalah pendekatan yang menitik beratkan pada aspek kelembagaan atau institusi komunikasi massa.
sebab
Lembaga atau institusi komunikasi massa dianggap penting karena dapat mencerminkan sistem yang dianut oleh suatu masyarakat.
27. Fungsi pendidikan dari komunikasi massa merupakan saluran proses sosialisasi bagi masyarakat.
sebab
Informasi yang disampaikan oleh media massa dapat menjangkau khalayak yang luas, yang belum tentu terjangkau oleh saluran lain.
28. Suatu sistem sosial merupakan sistem yang bersifat terbuka.
sebab
Suatu sistem sosial mempunyai hubungan timbal balik dengan sistem-sistem sosial yang lain.
29. Semua aktivitas sosial pada hakekatnya merupakan suatu sistem.
sebab
Aktivitas-aktivitas sosial terdiri dari sejumlah komponen yang terangkai dalam suatu untaian fungsi-fungsi tertentu dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan kegiatan yang dimaksud.
30. Institusi sosial merupakan salah satu dari sejumlah organisasi sosial yang berfungsi dalam kehidupan masyarakat.
sebab
Banyaknya organisasi sosial dalam suatu masyarakat tidak ditentukan oleh besarnya masyarakat tersebut.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 31 SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
31. Berelson dan Steiner merumuskan pengertian komunikasi dengan karakteristik sebagai berikut
1) tindakan atau proses penyampaian informasi, ide dan ketrampilan
2) menggunakan simbol-simbol, gambar, atau grafik
3) tujuannya untuk mengubah tingkah laku
32. Beberapa hal yang membedakan komunikasi massa dengan jenis komunikasi yang lain adalah
1) jumlah khalayaknya
2) proses komunikasinya
3) penggunaan saluran
33. Implikasi dari komunikasi massa yang berupa tumbuhnya suatu rangkaian aktivitas baru yang berkaitan dengan manipulasi simbol-simbol adalah to whom seperti
1) periklanan
2) social control
3) humas
34. Menurut Blake dan Haroldsen, pesan-pesan dalam komunikasi massa dapat dikelompokkan menjadi pesan yang bersifat
1) informatif
2) koersif
3) edukatif
35. Beberapa ciri-ciri komunikasi massa menurut Wright antara lain adalah
1) ditujukan untuk khalayak yang relatif luas, heterogen dan anonim
2) pesan disampaikan secara publik
3) komunikator adalah lembaga/organisasi yang bersifat kompleks
36. Menurut MC Quail ada beberapa konsep yang mengajukan telaah sosiologis mengenai komunikasi massa, di antaranya adalah
1) teori masyarakat massa
2) pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa
3) penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa
37. Menurut Gerbner, studi mengenai media massa mengupas masalah-masalah antara lain
1) analisis dan teori tentang sistem-sistem pesan
2) penyelidikan tentang hubungan-hubungan antara sistem-sistem pesan, struktur sosial, dan organisasional
3) pembagian kerja yang aktual di antara para pelaksana komunikasi massa
38. Berikut adalah contoh-contoh dari penelitian yang menggunakan teknik analisis isi
1) analisis pesan dalam serial kartun anak-anak yang menyajikan nilai-nilai kesetiakawanan
2) pengaruh acara-acara di TV terhadap tindak kekerasan pada anak-anak
3) analisis masalah struktur dan fungsi komunikasi dalam masyarakat
39. Harold D. Lasswell mengemukakan beberapa fungsi komunikasi massa, di antaranya adalah
1) memberi informasi
2) penyelidikan
3) mendidik
40. Beberapa fungsi surveillance dari komunikasi massa untuk individu di antaranya adalah
1) mengetiskan
2) peringatan
3) pemberi status
41. Beberapa fungsi surveillance dari komunikasi massa bagi individu adalah
1) peringatan
2) instrumental
3) pemberi status
42. Fungsi surveillance dari berita media massa bagi individu dapat berubah menjadi disfungsi, yaitu berupa
1) menimbulkan rasa gelisah
2) menyebabkan privatisasi
3) menimbulkan apatisme
43. Berikut adalah komponen-komponen yang membentuk komunikasi massa sebagai suatu sistem, yaitu
1) sumber-sumber informasi
2) khalayak
3) media massa
44. Dalam suatu sistem sosial, tindakan-tindakan yang ada di dalamnya bersifat
1) tidak teratur
2) stabil
3) berulang-ulang
45. Yang termasuk ke dalam pranata sosial utama antara lain adalah
1) pemerintah
2) perkumpulan
3) keluarga
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 1 SAMPAI 22, PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Dalam komunikasi kelompok, anggota-anggota yang terlibat saling mempengaruhi satu sama lain, bahkan pada derajat tertentu mereka juga saling mengontrol atau mengendalikan. Hal ini sesuai dengan sifat esensial dari komunikasi kelompok yaitu ….
A. interdependensi.
B. dinamik.
C. kompleks.
D. sistemik.
2. Jika khalayak sasaran bersifat luas, heterogen dan anonim, maka jenis komunikasi yang dilancarkan adalah ….
A. komunikasi intrapribadi.
B. komunikasi antarpribadi.
C. komunikasi kelompok.
D. komunikasi massa.
3. Ahli yang mengusulkan agar sistem komunikasi massa dilihat sebagai suatu sistem sosial yang khas (distink) adalah ….
A. Mc Quail.
B. Riley dan Riley.
C. Parson dan White.
D. Shannon.
4. Adanya media massa mendorong terbentuknya suatu khalayak yang bersifat “mass”. Pendapat tersebut dikemukakan oleh teori yang mengupas kajian sosiologis mengenai komunikasi massa yaitu ….
A. teori masyarakat massa.
B. pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa.
C. teori penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa.
D. teori sosiologi komunikasi massa.
5. Perubahan struktural dalam sistem komunikasi massa yang menyangkut perluasan, penganekaan, dan peningkatan dari media massa merupakan masalah-masalah yang dibahas dalam ….
A. teori masyarakat massa.
B. pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa.
C. penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa.
D. teori sosiologi komunikasi massa.
6. Dalam komunikasi massa, baik komunikator maupun khalayak sasaran merupakan individu-individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Konsep tersebut dikemukakan dalam ….
A. teori masyarakat massa.
B. pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa.
C. teori sosiologi komunikasi massa.
D. penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa.
7. Untuk mengetahui seberapa jauh pesan-pesan yang disampaikan melalui media massa dapat berperan dalam kehidupan sehari-hari anggota masyarakat, maka pendekatan yang cocok digunakan adalah pendekatan analisis ….
A. isi.
B. fungsional.
C. institusional.
D. organisasional.
8. Jika seorang peneliti ingin memperoleh gambaran tentang kondisi kehidupan kerukunan antarumat beragama di Indonesia yaitu dengan cara meneliti atau menganalisis pesan-pesan yang berkaitan dengan hal tersebut dalam media surat kabar, maka teknik yang cocok digunakan adalah teknik analisis ….
A. isi.
B. institusional.
C. organisasional.
D. pesan.
9. Masalah komunikasi massa yang berkaitan dengan belum jelasnya pembagian tugas wewenang dan tanggung jawab dari para pekerja yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatannya dapat dikaji dengan melakukan pendekatan analisis ….
A. isi.
B. institusional.
C. fungsional.
D.organisasional.
10. Bagi seorang pengusaha, berita mengenai perkembangan ekonomi dan politik di media massa dirasakan sebagai hal yang sangat penting dan berguna untuk kelangsungan mata pencahariannya. Bagi pengusaha, berita tersebut berfungsi sebagai ….
A. pengetis informasi
B. instrumental.
C. pemberi status.
D. peringatan.
11. A adalah seorang ahli dalam bidang ekonomi yang tadinya hanya dikenal sebatas kampus tempat dia mengajar. Tetapi setelah pemikirannya yang tajam tentang situasi perekonomian Indonesia dewasa ini dimuat di berbagai media massa, namanya menjadi terkenal dan sering diminta untuk menjadi pembicara di seminar-seminar.
Bagi A, pemberitaan dirinya melalui media massa tersebut berfungsi sebagai ….
A. instrumental.
B. warning.
C. ethicizing.
D. status conferral.
12. Ketika media massa memberitakan tentang mie instan merk A mengandung racun dan sudah memakan korban jiwa, maka berita pada media massa tersebut mengandung disfungsi bagi masyarakat berupa ….
A. menyebabkan panik.
B. terancamnya stabilitas.
C. menimbulkan rasa gelisah.
D. menimbulkan apatisme.
13. Jika media massa memberitakan kejadian tentang seseorang yang melanggar hukum dengan maksud agar masyarakat menjadi mengerti bahwa perbuatan itu adalah perbuatan yang salah dan harus dihindari, maka bagi masyarakat berita tersebut berfungsi ….
A. instrumental.
B. warning.
C. ethicizing.
D. status conferral.
14. Bagi masyarakat, fungsi pewarisan budaya dari komunikasi massa dapat berubah menjadi disfungsi, yaitu berupa ….
A. deporsonalisasi dalam sosialisasi.
B. berkembangnya masyarakat “massa”.
C. meningkatkan kepasifan.
D. merendahkan selera.
15. De Fleur menyebutkan komponen penting dari sistem sosial komunikasi massa adalah ….
A. komunikator.
B. khalayak.
C. media.
D. sumber.
16. Sebagai sebuah sistem, komunikasi massa harus dilihat sebagai kesatuan yang mencakup semua interaksi antara sesama unsur. Hal tersebut menunjukkan bahwa komunikasi massa mempunyai ciri yaitu ….
A. interdependensi.
B. boundary.
C. kekomprehensifan.
D. sistematik.
17. Aktivitas komunikasi massa dapat disebut sebagai suatu sistem jika semua unsur-unsur yang terlibat dapat berfungsi sesuai dengan perannya masing-masing. Jika hal tersebut terpenuhi, maka komunikasi massa mempunyai ciri ….
A. sistematik.
B. komprehensif.
C. interdependensi.
D. boundary.
18. Reading (1977) merumuskan pengertian sistem sosial sebagai ….
A. suatu sistem dari elemen-elemen sosial.
B. dua orang atau lebih individu yang melakukan interaksi secara langsung atau tidak langsung didalam suatu situasi kebersamaan.
C. suatu rangkaian atau tatanan yang teratur.
D. segala rangkaian elemen-elemen yang saling berkaitan.
19. Di bawah ini adalah pernyataan yang keliru mengenai pranata atau institusi sosial, adalah ….
A. institusi sosial merupakan sistem-sistem sosial.
B. institusi sosial berguna sebagai alat pengamatan masyarakat.
C. institusi sosial merupakan bagian-bagian yang pokok dari kebudayaan suatu masyarakat.
D. institusi sosial adalah satu-satunya organisasi sosial yang ada dalam suatu masyarakat.
20. Pada masyarakat A, tidak dikenal adanya perkumpulan olah raga golf karena olah raga tersebut belum dianggap sebagai suatu kebutuhan. Keadaan di masyarakat A tersebut memperlihatkan bahwa ….
A. keberadaan dari jenis wadah pranata sosial ditentukan oleh akumulasi budaya.
B. institusi sosial ditentukan oleh sistem kemasyarakatan.
C. institusi sosial adalah alat pengamatan masyarakat.
D. institusi sosial adalah bagian-bagian pokok dari kebudayaan suatu masyarakat.
21. Fungsi social control yang dilakukan oleh media massa sangat ditentukan oleh faktor ….
A. jenis media massa yang digunakan.
B. seberapa besar jangkauan dari media massa yang digunakan.
C. tingkat integritas media massa dalam penilaian khalayak sasaran.
D. seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh lembaga media massa.
22. Penayangan foto koruptor di layar televisi merupakan pelaksanaan pengendalian sosial oleh media massa dengan cara ….
A. mempertebal keyakinan anggota masyarakat akan kebaikan norma-norma kemasyarakatan yang ada.
B. memberikan penghargaan kepada anggota masyarakat yang taat pada norma-norma kemasyarakatan.
C. menciptakan rasa takut dan rasa malu untuk melanggar norma-norma dan nilai yang berlaku.
D. membantu mengumpulkan dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam perumusan suatu ketentuan hukum serta aturan yang menyangkut perilaku masyarakat.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 23 SAMPAI 30, PILIHLAH!
A. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, DAN KEDUANYA MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
B. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN BENAR, TETAPI KEDUANYA BUKAN MERUPAKAN HUBUNGAN SEBAB!
C. JIKA PERNYATAAN BENAR, ALASAN SALAH, ATAU JIKA PERNYATAAN SALAH ALASAN BENAR!
D. JIKA PERNYATAAN DAN ALASAN KEDUANYA SALAH!
23. Keheterogenan khalayak merupakan ciri yang penting dari proses komunikasi massa.
sebab
Informasi yang disebarluaskan melalui komunikasi massa memang ditujukan untuk siapa saja yang dapat menerimanya.
24. Keterkaitan aktivitas komunikasi dengan sistem kemasyarakatan terlihat pada struktur sosial perilaku komunikasi yang berlaku pada setiap masyarakat.
sebab
Keterkaitan komunikasi dengan masyarakat tampak pada sejumlah faktor sosial yang mempengaruhi cara-cara dan sarana komunikasi pada masyarakat tersebut.
25. Analisis isi adalah teknik penelitian untuk memperoleh gambaran isi pesan komunikasi massa yang dilakukan secara objektif, sistematik, dan relevan secara sosiologis.
sebab
Cara pengukuran dalam analisis isi dapat bersifat kuantitatif, kualitatif, ataupun keduanya.
26. Analisis institusional adalah pendekatan yang menitik beratkan pada aspek kelembagaan atau institusi komunikasi massa.
sebab
Lembaga atau institusi komunikasi massa dianggap penting karena dapat mencerminkan sistem yang dianut oleh suatu masyarakat.
27. Fungsi pendidikan dari komunikasi massa merupakan saluran proses sosialisasi bagi masyarakat.
sebab
Informasi yang disampaikan oleh media massa dapat menjangkau khalayak yang luas, yang belum tentu terjangkau oleh saluran lain.
28. Suatu sistem sosial merupakan sistem yang bersifat terbuka.
sebab
Suatu sistem sosial mempunyai hubungan timbal balik dengan sistem-sistem sosial yang lain.
29. Semua aktivitas sosial pada hakekatnya merupakan suatu sistem.
sebab
Aktivitas-aktivitas sosial terdiri dari sejumlah komponen yang terangkai dalam suatu untaian fungsi-fungsi tertentu dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan kegiatan yang dimaksud.
30. Institusi sosial merupakan salah satu dari sejumlah organisasi sosial yang berfungsi dalam kehidupan masyarakat.
sebab
Banyaknya organisasi sosial dalam suatu masyarakat tidak ditentukan oleh besarnya masyarakat tersebut.
PETUNJUK: UNTUK SOAL NOMOR 31 SAMPAI 45, PILIHLAH!
A. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!
31. Berelson dan Steiner merumuskan pengertian komunikasi dengan karakteristik sebagai berikut
1) tindakan atau proses penyampaian informasi, ide dan ketrampilan
2) menggunakan simbol-simbol, gambar, atau grafik
3) tujuannya untuk mengubah tingkah laku
32. Beberapa hal yang membedakan komunikasi massa dengan jenis komunikasi yang lain adalah
1) jumlah khalayaknya
2) proses komunikasinya
3) penggunaan saluran
33. Implikasi dari komunikasi massa yang berupa tumbuhnya suatu rangkaian aktivitas baru yang berkaitan dengan manipulasi simbol-simbol adalah to whom seperti
1) periklanan
2) social control
3) humas
34. Menurut Blake dan Haroldsen, pesan-pesan dalam komunikasi massa dapat dikelompokkan menjadi pesan yang bersifat
1) informatif
2) koersif
3) edukatif
35. Beberapa ciri-ciri komunikasi massa menurut Wright antara lain adalah
1) ditujukan untuk khalayak yang relatif luas, heterogen dan anonim
2) pesan disampaikan secara publik
3) komunikator adalah lembaga/organisasi yang bersifat kompleks
36. Menurut MC Quail ada beberapa konsep yang mengajukan telaah sosiologis mengenai komunikasi massa, di antaranya adalah
1) teori masyarakat massa
2) pendekatan sistem sosial terhadap komunikasi massa
3) penerapan analisis fungsional terhadap komunikasi massa
37. Menurut Gerbner, studi mengenai media massa mengupas masalah-masalah antara lain
1) analisis dan teori tentang sistem-sistem pesan
2) penyelidikan tentang hubungan-hubungan antara sistem-sistem pesan, struktur sosial, dan organisasional
3) pembagian kerja yang aktual di antara para pelaksana komunikasi massa
38. Berikut adalah contoh-contoh dari penelitian yang menggunakan teknik analisis isi
1) analisis pesan dalam serial kartun anak-anak yang menyajikan nilai-nilai kesetiakawanan
2) pengaruh acara-acara di TV terhadap tindak kekerasan pada anak-anak
3) analisis masalah struktur dan fungsi komunikasi dalam masyarakat
39. Harold D. Lasswell mengemukakan beberapa fungsi komunikasi massa, di antaranya adalah
1) memberi informasi
2) penyelidikan
3) mendidik
40. Beberapa fungsi surveillance dari komunikasi massa untuk individu di antaranya adalah
1) mengetiskan
2) peringatan
3) pemberi status
41. Beberapa fungsi surveillance dari komunikasi massa bagi individu adalah
1) peringatan
2) instrumental
3) pemberi status
42. Fungsi surveillance dari berita media massa bagi individu dapat berubah menjadi disfungsi, yaitu berupa
1) menimbulkan rasa gelisah
2) menyebabkan privatisasi
3) menimbulkan apatisme
43. Berikut adalah komponen-komponen yang membentuk komunikasi massa sebagai suatu sistem, yaitu
1) sumber-sumber informasi
2) khalayak
3) media massa
44. Dalam suatu sistem sosial, tindakan-tindakan yang ada di dalamnya bersifat
1) tidak teratur
2) stabil
3) berulang-ulang
45. Yang termasuk ke dalam pranata sosial utama antara lain adalah
1) pemerintah
2) perkumpulan
3) keluarga
3 komentar
Write komentarGak ada kunci jawabannya :(
ReplyGak ada kunci jawabannya
ReplyJawaban beserta uraiannya gaada
ReplyEmoticonEmoticon